5 Dirimu Sebenarnya Masih Punya Semangat Hidup yang Kuat

Endah Wijayanti02 Agu 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 02 Agu 2022, 13:15 WIB
perempuan mendengar musik

Fimela.com, Jakarta Wajar jika kita pernah merasa ingin menyerah dan berhenti menjalani hidup saat dihadapkan pada ujian yang begitu berat. Saat kita kehilangan harapan hidup atau baru diterpa masalah besar, kita bisa merasa sangat terpuruk. Namun, di balik keterbatasan yang kita punya, selalu ada semangat hidup yang terus menyala jika kita mau menyadarinya.

Meski dirimu pernah babak belur dan jatuh berulang kali, tapi ada jiwa yang tegar di dalam dirimu. Kalau pun ingin menyerah, sebenarnya yang kamu butuhkan adalah istirahat sejenak karena merasa lelah. Berikut ini tanda bahwa sebenarnya dirimu punya semangat hidup yang luar biasa.

 

 

1. Terbuka pada Hal Baru

perempuan mendengarkan musik
ilustrasi santai bahagia/AnemStyle/Shutterstock

Kamu masih terbuka pada hal baru. Suka mencoba hal-hal baru. Sesederhana apa pun hal atau aktivitas yang dicoba, selama itu bisa menghadirkan pengalaman baru kamu mau mencobanya. Tiap pengalaman akan memperkaya jiwa, dan jiwa yang kaya akan terus menghadirkan semangat untuk melangkah ke depan dalam hidup.

 

 

2. Tidak Lari dari Masalah

mendengarkan musik santai tersenyum
ilustrasi perempuan kalem tenang/Blue Titan/Shutterstock

Masalah yang berat bisa membuatmu tertekan dan stres luar biasa. Rasanya kabur dari masalah jauh lebih mudah daripada menghadapinya. Namun, saat kamu memilih untuk menerima masalah yang ada dan berupaya mencari jalan keluar terbaik, maka kamu sebenarnya masih punya semangat hidup yang besar. Bagimu, hidup tetap layak diperjuangkan seberat apa pun perjalanannya.

 

3. Punya Tujuan Hidup

perempuan penuh cinta
ilustrasi bahagia ceria mendengarkan musik/Dean Drobot/Shutterstock

Ada tujuan yang ingin kamu gapai dalam hidup. Sehingga kamu akan melakukan berbagai upaya terbaik untuk bisa sampai ke sana. Mengutip buku Man's Search for Meaning, "Secara naluriah, beberapa tawanan mencoba menemukan tujuan masa depan masing-masing. Itulah salah satu ciri khas manusia yang aneh, bahwa dia hanya bisa hidup dengan melihat ke masa depan--sub specei aeternitatis. Dan inilah yang menyelamatkan manusia di saat-saat paling kritis dalam kehidupannya, meskipun kadang-kadang dia harus memaksa pikirannya untuk mencari sasaran tersebut." Saat kita bisa melihat sesuatu di masa depan, maka kita akan senantiasa punya semangat menjalani semua yang ada di masa kini.

4. Menerima Ketidaksempurnaan Diri

perempuan minum kopi mendengarkan musik
ilustrasi santai bahagia/Nata Bene/Shutterstock

Menyadari diri tidak bisa selalu sempurna, kamu punya semangat untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri. Dirimu saat ini sudah lebih baik dari dirimu yang sebelumnya. Kalau ada kesalahan yang pernah kamu lakukan, kamu mencoba untuk mengambil hikmah dan pelajarannya.

 

5. Menjaga Kesehatan Sebaik Mungkin

perempuan tersenyum bahagia kalem baik
ilustrasi mendengarkan musik/Ann Rodchua/Shutterstock

Selama ini kamu tak pernah dengan sengaja menyakiti diri sendiri. Kamu selalu berupaya merawat diri dan menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Saat kamu masih memerhatikan kondisi tubuhmu, maka sebenarnya kamu punya semangat hidup yang luar biasa.

Terima kasih sudah berusaha melakukan segala yang terbaik hingga saat ini, ya. Semoga ke depannya hidupmu bisa terasa lebih indah lagi.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela