Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kipas Angin Mati Total dan Tidak Mau Menyala

Fimela.com, Jakarta Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang paling banyak digunakan, selain itu fungsi dari kipas angin dapat menghasilkan aliran udara dari putaran baling-balingnya. Tentu sangat menyebalkan jika kipas angin tidak dapat berfungsi dengan normal.

Mungkin beberapa orang tidak mengerti tentang kipas angin secara detail, beberapa diantaranya mungkin paham bahwa kipas angin perlu dibersihkan agar mendapatkan angin yang kencang dan lebih segar.

Kerusakan alat elektronik satu ini kerap sekali terjadi, seperti adanya kerusakan pada baling atau komponen dalam lainnya. Berikut beberapa penyebab kipas angin mati total dan tidak mau menyala yang kerap terjadi:

1. Bantalan atau Bushing yang Aus

Kipas angin listrik yang digunakan dan tidak berfungsi dapat disebabkan oleh bantalan atau bushing yang aus, hal ini sangat normal terjadi dan wajar karena pada bagian atau komponen tersebut mudah aus. Bantalan yang rusak ternyata akan terlihat berwarna hitam seperti terbakar dan beberapa bantalan juga dapat diganti dengan yang baru.

2. Dudukan Baling-Baling yang Tidak Benar

Selain bantalan aus yang menjadi salah satu penyebab kipas angin tidak dapat menyala, ternyata bushing yang terdapat didalamnya juga dapat terpasang tidak benar dan menyebabkan kipas angin mati total. Bushing yang berfungsi sebagai tempat duduk untuk baling-baling jika dipasang pada posisi yang tidak benar maka dapat menghasilkan rotasi untuk baling-baling.

3. Terputus ke Sumber Listrik

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan kipas angin tidak berfungsi dengan baik adalah sumber listrik, jika tidak ada alat listrik yang berjalan dengan baik mungkin dapat membuat perangkat elektronik satu ini tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu sumber listrik yang terputus juga dapat bertahan dari port besi yang berkarat.

4. Countershaft Kering atau Macet

Kemudian hal yang dapat menyebabkan kopas angin tidak bekerja secara normal adalah suara mendengung dari kipas angin atau baling-baling yang tidak dapat berputar, hal ini dapat disebabkan oleh countershaft yang kering atau mungkin macet. Selain itu kondisi satu ini dapat terjadi karena tertutup oleh debu dan menyebabkan penyumbatan.

5. Kondisi Kapasitor

Kapasitor tentu diperlukan untuk menyalurkan daya listrik pada kipas angin, selain itu dengan cukupnya daya maka dapat membuat kipas angin dapat bekerja dan baling-baling akan berputar dengan baik. Kapasitor ini mudah rusak dan sulit untuk memulai putaran pertama sehingga baling-baling tidak dapat berputar.

Nah, itulaha beberapa penyebab dari kipas angin yang tidak dapat berputar atau mati total yang kerap sekali terjadi. Beberapa penyebab diatas dapat kamu perbaiki dengan membawa kipas angin ke teknisi yang tepat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading