5 Bukti Sebenarnya Kegagalan Membuatmu Lebih Kuat

Endah Wijayanti03 Agu 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 17:45 WIB
perempuan berani

Fimela.com, Jakarta Tidak semua hal yang kita upayakan dan perjuangkan bisa berbuah manis. Bahkan setelah berusaha keras melakukan atau menggapai sesuatu, kita malah mengalami kegagalan. Kegagalan memang bisa menghadirkan pengalaman pahit, tetapi pengalaman yang ada bisa membuat jiwa kita makin kuat.

Saatnya untuk melangkah ke depan dengan semangat yang baru. Berikut ini lima tanda atau bukti bahwa sebenarnya kegagalan yang pernah kamu alami menjadi titik balik untuk membentukmu jadi pribadi yang lebih kuat. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Ada Hal Baru yang Dipelajari

perempuan dan keberanian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Svetlana+Sokolova27

Kegagalan memang sempat membuatmu terpuruk, tetapi saat kamu bisa mendapat hal baru untuk dipelajari maka sebenarnya jiwamu sudah lebih kuat lagi. Melansir laman Very Well Mind, kegagalan merupakan peluang untuk terus bertumbuh sebagai individu. Saat kita bisa mendapat pelajaran penting dari kegagalan yang kita alami, maka tak ada yang sia-sia dari semua hal yang sudah kita lakukan dan usahakan.

 

 

2. Tidak Menyalahkan Keadaan

tegas kuat mandiri tabah sabar powerful
ilustrasiAnuchit kamsongmueang/Shutterstock

Kamu tidak menyalahkan keadaan atas kegagalan yang kamu alami. Meski mungkin memang ada kesalahan yang terjadi, tetapi itu tak membuatmu bersedih berlarut-larut. Kamu mencoba untuk tetap berdamai dengan keadaan dan realitas yang kamu jalani saat ini. Kegagalan mungkin menghadirkan pengalaman buruk tapi saat bisa berdamai dengan semuanya, maka diri kita sebenarnya bermental kuat.

 

 

3. Masih Mau Mencoba Hal Baru

zodiak perempuan berani
ilustrasi perempuan/Head over Heels/Shutterstock

Dari sebuah kegagalan, kamu belajar soal keberanian. Berani mencoba sesuatu menjadi sebuah pencapaian sendiri dalam hidupmu. Meski pernah gagal dalam mengupayakan sebuah hal bukan berarti kamu pasrah dan putus asa begitu saja. Selama kamu masih bersemangat mencoba hal baru, maka ada jiwa pemberani dan tangguh di dalam dirimu.

 

 

4. Mampu Menerima Rasa Takut

zodiak perempuan berani
ilustrasi/Photo by Adi Probo on Unsplash

Tiap orang punya rasa takut. Bahkan setelah mengalami sebuah kegagalan, rasa takut bisa saja makin meningkat dan lebih intens. Namun, saat kita sudah bisa menerima dan berdamai dengan rasa takut, maka mental kita bisa makin kuat. Sebab rasa takut bisa hadir untuk membuat kita lebih waspada dan berhati-hati supaya tidak mengalami hal yang lebih buruk lagi.

 

 

5. Punya Tujuan Hidup yang Lebih Kuat

Para Perempuan Tangguh yang Berani Jadi #ChangeMaker, Intip Lebih Jauh di Fimela Virtual Fest x Danamon Yuk!
(c) Shutterstock

Kegagalan demi kegagalan memang membuatmu jatuh bangun tak karuan. Namun, selama kamu masih punya tujuan hidup yang kuat, maka kamu sebenarnya akan selalu punya kekuatan untuk bangkit dan melangkah ke depan. Semangat hidup terus kamu jaga sebab kamu punya hal penting untuk digapai dalam hidupmu.

Semoga ke depannya kamu bisa senantiasa menjalani hidup dengan semangat yang lebih kuat lagi. Kegagalan bukan akhir dari segalanya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela