5 Cara Redakan Rasa Sedih saat Diabaikan Orang Lain

Endah Wijayanti03 Agu 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 13:15 WIB
perempuan dan trauma

Fimela.com, Jakarta Diabaikan oleh orang lain bisa membuat kita sedih. Ada rasa terluka dan tersinggung di dalam diri kita. Apalagi jika orang yang mengabaikan kita adalah orang yang sangat kita hormati atau sayangi, maka kesedihan yang dirasakan bisa makin dalam.

Untuk meredakan rasa sedih saat diabaikan orang lain, ada sejumlah cara sederhana yang bisa kita coba. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Jauhkan Diri dari Rasa Benci

perempuan dan rasa diabaikan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/atiger

Mengutip buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, "Orang kasar sebenarnya tidak terlahir kasar. Manusia berganti pakaian sesuai peran, tetapi ada kalanya mereka lupa melepas pakaian tertentu." Tak perlu membenci orang yang mengabaikan kita. Bisa jadi dia memang sedang ada masalah atau kesulitan dalam membagi perhatian kepada kita.

 

 

2. Hibur Diri Sendiri

tersenyum bahagia santai kacamata
ilustrasi perempuan dewasa/Dean Drobot/Shutterstock

Saat kita merasa diabaikan, lalu butuh penghiburan maka kita perlu melakukan sesuatu yang bisa mendatangkan kebahagiaan untuk diri kita sendiri. Makin dewasa, kita akan makin menyadari bahwa memiliki kemampuan menghibur diri sendiri sangatlah penting agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Sebab masih ada banyak hal penting yang perlu kita lakukan dalam hidup ini.

 

 

3. Terima Sensitivitas Diri

perempuan cerdas bahagia kacamata
ilustrasi /Shift Drive/Shutterstock

Mengutip buku How to Respect Myself, orang-orang yang menjadi sensitif akan mudah terpengaruh oleh rangsangan kecil yang biasanya tidak dihiraukan. Ketika kita diabaikan orang lain, kita bisa merasa sangat tersinggung karena kita punya tingkat kepekaan yang cukup tinggi terhadap situasi yang ada. Tak perlu menyalahan diri sendiri lebih dulu. Ada baiknya cukup berdamai dengan temperamen yang kita punya agar tidak makin mengasihani diri sendiri. Lalu, kita bisa fokus menata perasaan dan ekspektasi supaya tidak makin merasa tersisihkan atau terkucilkan.

 

 

4. Menjaga Jarak untuk Sementara Waktu

segar pagi sehat olahraga
ilustrasi perempuan bahagia tersenyum/takayuki/Shutterstock

Kalau merasa masih sulit untuk berdekatan kembali dengan orang yang mengabaikanmu, coba untuk menjauh atau mengambil jarak untuk sementara waktu lebih dulu. Beri dirimu ruang untuk mencerna keadaan. Beri dirimu waktu untuk bisa memperbaiki suasana hatimu lebih dulu. Kita bisa lebih fokus pada dirimu sendiri lebih dulu tanpa harus mengambil risiko akan diabaikan kembali olehnya.

 

 

5. Perbanyak Senyuman

tertawa bahagia
ilustrasi perempuan cantik/mentatdgt/Shutterstock

Saat merasa diabaikan oleh seseorang, kita masih punya kesempatan untuk membuat orang lain bahagia dan tersenyum. Kita bisa tersenyum kepada orang lain, termasuk tetap tersenyum pada orang yang telah mengabaikan kita. Selain itu, masih ada orang-orang yang bisa menerima kita dengan tangan terbuka dan senyuman. Sehingga tak perlu berlarut-larut bersedih karena satu orang yang telah mengabaikan diri.

Semoga kita bisa tetap menjalani keseharian dengan baik. Jika perasaan sedih tak kunjung reda, izinkan diri untuk mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela