Hindari 4 Sikap Ini yang Membuatmu Meninggalkan Kesan Pertama yang Buruk

Gayuh Tri Pinjungwati06 Agu 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 08:15 WIB
Single

Fimela.com, Jakarta Kesan pertama adalah salah satu bentuk penilaian seseorang saat pertama kali bertemu. Beberapa orang mungkin memberikan kesan yang menarik, yang membuat orang lain merasa nyaman berada di sekitarnya. Namun, ada juga orang yang memberikan kesan pertama yang buruk. Mungkin mereka tidak bermaksud demikian, namun karena bahasa tubuh atau cara dia berpenampilan membuat seseorang menilai mereka buruk.

Terkadang, tidak hanya kata-kata, gerak tubuh, dan bahasa tubuh kita juga dapat menimbulkan kesalahpahaman, meninggalkan kesan buruk pada orang lain. Lalu, bahasa tubuh seperti apa sih yang menunjukkan seseorang terlihat buruk pada kesan pertama? Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menyetuh Wajah Ketika Berbicara

Jika kamu menyentuh wajahmu saat berbicara dengan seseorang, kamu meninggalkan kesan buruk pada orang lain. Ini adalah gerakan yang sangat rendah dan kamu memproyeksikan kegugupan, kurang percaya diri serta kontrol. Itu juga mengatakan bahwa kamu tidak memiliki pikiran dalam percakapan. Kamu dinilai sebagai orang yang tidak tahu apa-apa atau tidak siap pada saat itu.

2. Jari Saling Terjalin

Banyak orang memiliki kebiasaan mengatupkan tangan atau jari mereka yang bukan merupakan sikap yang baik. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu terlihat seperti seseorang yang memiliki kekuatan atau kamu adalah sosok yang berwibawa tetapi sebenarnya sebaliknya. Dikatakan bahwa kamu gugup, ragu-ragu dan khawatir dan bahkan kurang percaya diri. Jika kamu sedang mempresentasikan sesuatu dan jari-jarimu berada dalam gerakan itu, maka kamu mungkin dianggap kurang persiapan.

3. Menyilangkan Tangan ke Belakang

single
ilustrasi/copyrightshutterstock/K-Angle

Gerakan ini mungkin tampak seperti kamu tidak menyambut komunikasi lebih lanjut dari orang lain atau sangat sombong dan bahkan berwibawa. Ini menunjukkan bahwa kamu tidak mempercayai orang lain. Menurut psikolog, gerakan ini adalah cara untuk memberi tahu orang-orang bahwa kamu "tidak yakin" dengan mereka. Semakin kuat genggamannya, semakin terlihat seperti kamu frustrasi atau marah atau bahkan gugup di sekitar orang tersebut.

Kurang Respon

Saat kamu menjadi bagian dari percakapan, kamu harus melakukan kontak mata dan menunjukkan bahwa kamu mendengarkan. Jika kamu tidak menjawab, tidak melakukan kontak mata, bahkan tidak mengangguk atau tersenyum, kamu menunjukkan bahwa kamu tidak tertarik. Penting untuk memberi isyarat.

Well, mulailah untuk bahasa tubuh agar kamu memberikan kesan baik pada seseorang. Belajarlah untuk bersikap baik agar kamu terlihat mudah untuk didekati. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela