5 Cara Menjadi Perempuan Kuat yang Tak Mudah Gelisah Jalani Hidup

Endah Wijayanti06 Agu 2022, 07:15 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 07:15 WIB
perempuan dan baju merah

Fimela.com, Jakarta Kehidupan tak selalu menghadirkan pelangi. Kadang ada hujan dan badai yang akan kita hadapi dalam kehidupan. Saat masalah datang silih berganti, biasanya rasanya kita ingin menyerah saja.

Menjadi perempuan yang kuat merupakan sebuah kebutuhan sendiri. Agar tidak gampang terpuruk atau merasa putus asa jalani hidup, ada sejumlah cara yang bisa kita coba. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Miliki Rutinitas yang Dinikmati

baju merah dewasa bahagia
ilustrasi/Dean Drobot/Shutterstock

Ahli terapi kesehatan mental Jill Sylvester, LMHC, dalam bukunya Trust Your Intuition: 100 Ways to Transform Anxiety and Depression For Stronger Mental Health mengungkapkan bahwa memiliki rutinitas yang dirancang sendiri akan membuat kita merasa lebih berguna dan berdaya. Saat kita punya rutinitas yang bisa kita nikmati, maka kita bisa selalu bersemangat menyambut hari. Hadirkan kepuasan batin dan rutinitas yang dijalani, maka mental kita akan lebih kuat untuk terus melangkah ke depan.

2. Hadirkan Senyum dan Tawa

perempuan baju merah
ilustrasi tawa bahagia/copyright by Look Studio (Shutterstock)

Mengutip buku Happiness Inside, "Gerakan tersenyum misalnya, akan membuat kelenjar pineal dalam otak mengeluarkan hormon endorfin, yaitu zat sejenis morfin alami yang kekuatannya 200 kali dari morfin buatan. Endorfin ini membuat perasaan menjadi senang dan bahagia." Ketika kita merasa tidak tenang dan dihantui rasa cemas berlebihan, cobalah untuk tersenyum perlahan. Menghadirkan sedikit senyum dan tawa bisa menghadirkan kekuatan baru untuk bertahan di masa sulit.

 

3. Berdamai dengan Ketidaksempurnaan

perempuan bahagia baju merah santai
ilustrasi tersenyum cantik/theshots.co/Shutterstock

Yang membuat kita merasa tertekan biasanya karena kita menuntut segalanya serba sempurna. Saat terlalu kaku menuntut segalanya berjalan sesuai keinginan pribadi, kita bakal rentan gelisah. Mengutip buku How to Love, menyusun rencana agar bisa menjalankannya 100% adalah karakter perfeksionis. Agar kita tidak selalu tertekan ketika melakukan sesuatu, ada baiknya kita menurunkan sedikit target kita dan berdamai dengan ketidaksempurnaan.

4. Hadirkan Variasi Kegiatan

perempuan bahagia
ilustrasi perempuan baju merah/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Menjalani rutinitas tertentu bisa membuat kita merasa bosan. Kalau sudah bosan, biasanya kita jadi gampang gelisah. Untuk itu sesekali perlu juga menghadirkan variasi kegiatan untuk mengatasai rasa bosan. Mengutip buku Ketika Kita Punya Kecemasan yang Sama, tentang menyikapi rasa bosan, kita perlu menyadari bahwa ada saatnya kendor, ada saatnya kencang. Misalnya, kita bosan dengan pekerjaan yang kita tekuni, maka kita perlu rehat dulu untuk menikmati hobi agar ada keseimbangan hidup yang bisa kita dapatkan.

5. Rutin Berolahraga

olahraga jalan kaki
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Di tengah kesibukan yang ada, luangkan waktu untuk berolahraga. Berolahraga rutin bisa bantu memperkua kondisi tubuh dan mental kita. Mengutip buku Hello, Habits, John Ratey yang merupakan seorang guru besar psikiatri dari Harvad Medical School menjelaskan bahwa olahraga bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi otak. Ia mengungkapkan bahwa olahraga membuat kita merasa segar kembali karena darah terpompa, menyebabkan otak melakukan fungsinya yang terbaik.

Sudah siap untuk menjadi perempuan yang lebih kuat? Semoga cara-cara di atas bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela