5 Cara Tenang Hadapi Orang yang Membuatmu Kesal

Endah Wijayanti08 Agu 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 11:15 WIB
perempuan dan usia 20an

Fimela.com, Jakarta Punya kenalan atau seseorang yang pernah membuatmu kesal? Baik dari tindakannya atau perkataannya, kamu pernah dibuat benar-benar tidak nyaman tiap kali berada di dekatnya. Menghadapi orang yang membuat kita kesal memang tidak mudah, bahkan bisa membuat kita gampang tersulut amarah.

Ada sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba agar bisa tetap tenang dan sabar menghadapi orang yang mengesalkan. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Sadari bahwa Tak Semua Orang Bisa Disukai

Perempuan usia 20an
Ilustrasi/copyrightshutterstock/K-Angle

Orang yang membuat kita kesal kadang tak bisa selalu dihindari. Jika tak bisa menghindarinya, kita tak punya pilihan lain selain menerima kehadirannya. Tak harus memaksakan diri untuk menyukainya. Yang penting kita bisa tetap bersikap baik tanpa harus membencinya berlebihan.

2. Utarakan Rasa Tidak Nyaman

perempuan dan cinta yang biasa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Kalau sikapnya yang menjengkelkan sudah berlebihan, tak apa untuk mengutarakan rasa tidak nyaman. Kita bisa mengutarakan dan menyampaikan isi hati dan perasaan tak nyaman kita kepadanya. Setidaknya dengan begini, orang yang membuatmu tidak nyaman bisa lebih sadar diri dan syukur-syukur jika ia juga melakukan introspeksi diri dan memperbaiki sikapnya.

 

 

 

 

 

3. Fokus Kuatkan Hati Sendiri

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/wilaiporn+Hancharoenkul

Mengutip buku Meditations, "Jika kau tersakiti oleh hal-hal eksternal, sebenarnya bukan hal itu yang mengganggumu, tetapi penilaianmu sendiri terhadapnya. Dan, kau memiliki kemampuan untuk menghapusnya sekarang." Saat kita tak bisa mengendalikan sikap atau perlakuan orang lain terhadap kita, kita perlu meningkatkan fokus kita untuk menguatkan diri kita. Tak harus selalu menyalahkan orang lain atas sikapnya yang menjengkelkan, tetapi fokus untuk menguatkan hati dan lebih sabar lagi.

4. Jangan Perpanjang Perdebatan

mandiri mencintai diri sendiri
ilustrasi./Look Studio/Shutterstock

Orang yang menjengkelkan bisa menyulut emosi kita dengan perdebatan panjang. Semua yang kita katakan bisa dibantah dan dicari kesalahannya. Kalau kita terus meladeninya maka kita akan capek sendiri. Jadi, mending sudahi perdebatan panjang. Tak perlu meladeni semua argumen atau perkataannya yang tidak penting.

5. Minta Pengertiannya

mencintai diri sendiri bahagia santai kalem
ilustrasi perempuan dewasa/Inside Creative House/Shutterstock

Bersikap tegas juga bisa dilakukan dalam menghadapi orang yang mengesalkan. Kita bisa coba untuk minta pengertiannya untuk tidak bersikap terlalu menyebalkan. Kalau dia masih punya kesadaran diri, dia pasti akan mengerti. Kalau tidak, ya sudah yang penting kita sudah berupaya untuk menjaga hubungan sebaik mungkin.

Semoga sejumlah strategi sederhana di atas bisa cukup membantu, ya. Apa pun hubungan yang kita jalin bersama seseorang, semoga senantiasa dalam keadaan baik dan tanpa ada yang tersakiti perasaannya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela