4 Tips Mengelola Bujet Kebutuhan Dapur Tetap Aman Terkendali

Novi Nadya11 Agu 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 18:00 WIB
belanja bulanan

Fimela.com, Jakarta Mengelola kebutuhan dan keuangan keluarga memang terkadang menyita waktu dan pikiran, apalagi untuk ibu yang biasanya mengemban peran sebagai ‘menteri keuangan keluarga’ di rumah. Salah satu kantong budget yang paling penting pastinya adalah bahan pokok di dapur untuk kebutuhan makanan sehari-hari keluarga. Supaya dapur tetap ‘ngebul’, agaknya kita harus memutar otak agar uang belanja dapur jangan sampai kabur dari anggaran agar cashflow tetap terjaga. 

Laurensius Zaouputra selaku GM Marketing Prima Freshmart mengatakan, “Pangan adalah salah satu kebutuhan pokok tiap orang yang tidak mungkin dilewatkan. Untuk itu, budget makan sehari-hari biasanya menjadi salah satu kantong budget yang mudah ‘bocor’ karena sifatnya yang reguler dan kontinu. Inilah yang menjadi tantangan bagi kebanyakan keluarga. Bagaimana keluarga bisa tetap hidup sehat, namun keuangan juga tetap terjaga. Memahami tantangan tersebut, Prima Freshmart sebagai sahabat dapurmu bekerja sama dengan ShopeePay untuk menghadirkan berbagai promo cashback di sepanjang bulan Agustus. Diharapkan hal ini dapat membantu masyarakat dalam mengatur pengeluaran dapurnya.” 

Banyak yang beranggapan bahwa memasak makanan sendiri di rumah adalah solusinya. Tapi ternyata hal tersebut tidak menjamin jika tidak disiasati dengan baik. Berikut empat tips dari Prima Freshmart agar budget kebutuhan dapur tetap terjaga:

 

Tetap on track dengan buat daftar menu mingguan

4 Tips Mengelola Bujet Kebutuhan Dapur Tetap Aman Terkendali
4 Tips Mengelola Bujet Kebutuhan Dapur Tetap Aman Terkendali

Trik yang satu ini sangat penting dilakukan untuk menjaga pengeluaran dapur. Sadar atau tidak, terkadang saat berbelanja kebutuhan dapur, kita cenderung membeli berlebihan dengan pemikiran ‘siapa tau dibutuhkan’. Padahal beberapa bahan akhirnya terbuang begitu saja karena membusuk di dapur lantaran bingung akan diolah menjadi menu apa. 

Nah, ini lah pentingnya membuat daftar menu makanan mingguan. Sehingga, kita bisa tahu persis bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan selama satu minggu dan memperkecil risiko bahan dapur yang terbuang. Kamu bisa merancang menu kesukaan keluarga secara bergiliran dan mengeksplor menu-menu baru yang menarik. Selain itu, cara ini juga bisa menekan budget dapur karena belanja dalam jumlah banyak biasanya akan relatif lebih murah. 

Misalnya, harga bakso ayam merek CHAMP di Prima Freshmart dengan ukuran 500g dibanderol Rp27.500, sedangkan ukuran 200g seharga 12.500. Lumayan kan selisihnya. Ini baru dari satu bahan saja, bayangkan jika tiap bahan pokok memiliki selisih yang serupa.

 

Coba teknik food preparation

Setelah belanja bahan dapur untuk seminggu kedepan, kini saatnya melakukan food preparation. Secara garis besar, food preparation merupakan metode mempersiapkan bahan baku mentah menjadi siap masak, meliputi mencuci, memotong, mencincang, dan lain-lain. Kamu bisa mempersiapkan semua bahan tersebut sesuai dengan menu mingguan yang telah kamu rancang sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa membagi-bagi bahan makanan dengan lebih presisi untuk tiap menu.

Teknik ini cukup efektif untuk membuat bahan dapur tetap awet selama seminggu, cukup siapkan wadah kering dan tertutup. Untuk memudahkan, kamu juga bisa membeli  berbagai produk makanan beku yang tahan lama. Seperti bahan-bahan yang tersedia di Prima Freshmart, mulai dari ayam, bebek, serta berbagai produk olahan berkualitas lainnya.

Dengan food preparation ini, penyimpanan makanan jadi jauh lebih awet, rapi, dan tidak ada bahan yang terbuang.

 

Cerdas manfaatkan promo

Salah satu tips paling ampuh untuk menghemat budget dapur adalah memanfaatkan promo. Kamu bisa memantau beberapa akun media sosial yang sering mengunggah informasi seputar promo yang sesuai dengan kebutuhanmu. Bagi yang sedang menjaga pengeluaran dapur bulanan, di sepanjang bulan Agustus ini Prima Freshmart bekerja sama dengan ShopeePay untuk menghadirkan berbagai promo menarik. Dari tanggal 8 Agustus hingga akhir bulan Agustus ini, kamu bisa menikmati cashback hingga 100% saat berbelanja di aplikasi Prima Freshmart menggunakan metode pembayaran ShopeePay. Selain hemat, belanja kebutuhan dapur pun jadi makin praktis dan terhindar dari kemungkinan penyebaran virus.

 

Kreatif dengan sisa bahan makanan

Jika kamu sudah membuat rancangan menu dan melakukan teknik food preparation namun ternyata masih ada sisa bahan makanan yang tersisa, coba kreasikan bahan tersebut menjadi olahan makanan lain. Seperti misalnya, sisa tulang dan sayur, bisa dimanfaatkan untuk membuat kuah kaldu lezat. Sisa roti bisa diolah kembali menjadi kudapan crouton atau roti kering yang renyah sebagai menu camilan sore. Atau jika kamu memiliki sisa batang sayur dan kulit ayam, bisa kamu masak kembali menjadi aneka gorengan atau kroket yang sedap.

Itulah empat tips untuk menghemat budget dapur agar tetap aman terkendali. Jangan lupa untuk beli voucher promo Prima Freshmart melalui ShopeePay Sekitarmu di aplikasi Shopee dan nikmati cashback hingga 100% jika melakukan pembayaran dengan ShopeePay di aplikasi Prima Freshmart.

Lanjutkan Membaca ↓