Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Sinyal Wifi Melemah yang Menganggu Pengguna Internet

Fimela.com, Jakarta Sinyal wifi yang melemah tentu menjadi mimpi buruk bagi pemilik atau penggunanya, ketika winyal wifi melemah tentu dapat menyebabkan koneksi internet menjadi terganggu. Sinyal wifi yang melemah dapat mempengaruhi kecepatan koneksi menjadi lambat atau tidak terkoneksi sama sekali.

Ada banyak penyebab yang membuat sinyal wifi menjadi sangat lemah, beberapa masalah ini dapat disebabkan oleh router, kabel, atau adanya gangguan dari wifi tersebut. Masalah satu ini kerap sekali membuat pemiliknya khawatir, akan tetapi beberapa masalah ini dapat diatasi dengan sendirinya.

Penyebab wifi yang melemah tentu dapat menganggu setiap penggunanya terutama saat mereka membutuhkan wifi untuk melakukan aktivitas. Berikut beberapa penyebab sinyal wifi melemah yang kerap sekali terjadi:

1. Menggunakan Router Lama

Salah satu hal yang dapat menyebabkan sinyal wifi melemah adalah penggunaan router yang lama, jika kamu menggunakan router lebih dari 5 tahun maka ada kemungkinan membuat sinyal wifi melemah. Seperti halnya saat kamu menggunakan smartphone dengan merek atau mode terlama, tentu semakin lama akan melambat dan tidak secepat smartphone baru.

2. Antena Router Melemah

Banyak router yang menggunakan antenna eksternal atau yang dapat dilepas karena beberapa alasan, memasang antenna dengan gain lebih tinggi dan lebih kuat akan memberikan jangkauan yang efesien, serta memberikan kecepatan yang tinggi.

3. Periksa Koneksi Kabel Fisik

Banyak router atau modem yang digunakan dan masih menggunakan kabeal lama untuk menghubungkan internet. Sambungan kabel yang longgar ternyata dapat mempengaruhi kinerja router, masalah satu ini dapat kamu atasi dengan mengencangkan konektor kabel. Pastikan bahwa kabelnya tidak bengkok, periksa seluruh kabel yang bergantung pada router.

4. Penggunaan Ponsel dan Laptop Lama

Terkadang masalah wifi yang lemot tidak selalu berurusan dengan wifi sendiri, masalah satu ini terkadang dapat disebabkan oleh penggunaan ponsel maupun laptop yang sudah lama. Beberapa alat elektronik tentu memiliki kemampuan dan kecepatan yang berbeda, tentu ponsel lama dan terbaru akan memiliki kecepatan yang cukup jauh berbeda hal inilah yang membuat internet menjadi lambat.

5. Penggunaan yang Terlalu Banyak

Jika kamu salam satu orang yang sering membuka banyak tab sekaligus, tentu akan membuat laptop atau ponsel yang digunakan terus mencari apa yang kamu cari. Hal ini juga dapat membuat koneksi menjadi melemah dan melambat saat digunakan.

Beberapa masalah pada wifi yang melemah memang kerap sekali terjadi, hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas atau kerja seseorang. Meskipun terkadang membuat banyak orang khawatir, masalah satu ini dapat kamu atasi dengan beberapa hal seperti penggunaan dikurangi maupun mengecek kabel router.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading