Tutorial Membuat Scrolling Text di WhatsApp yang Sedang Viral Di TikTok

Fimela Reporter19 Agu 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 18:30 WIB
WhatsApp

Fimela.com, Jakarta Tren Scrolling Text tengah viral digunakan netizen di media sosial, termasuk TikTok. Sesuai namanya, Scrolling Text menampilkan sebuah teks yang membentuk pola tertentu ketika digulirkan. Dengan keunikan tersebut serta memberikan kesan dramatis, Scrolling Text di WhatsApp jadi ramai digunakan dan dibagikan.

Scrolling Text sendiri bukanlah fitur bawaan dari WhatsApp melainkan fitur dari layanan lain. Pengguna sosial media yang ingin membuat Scrolling Tren diharuskan mengakses layanan di situs web Patorjk.com. Berikut Tutorial membuat Scrolling Text bagi Sahabat Fimela yang tertarik ikut tren ini:

  1. Buka situs Patorjk.com
  2. Gulirkan layar ke bawah hingga menemukan opsi Scrolling Text Time Waster
  3. Klik Scrolling Text Time Waster untuk mengakses menu selanjutnya
  4. Setelah terbuka, akan terlihat Scrolling Text bawaan bertuliskan,"Scrolling Text Time Waster'
  5. Gulirkan layar ke bawah hingga menemukan kolom Again! Again! Say!
  6. Pada kolom yang tersebut, Sahabat Fimela tinggal menuliskan kata-kata yang ingin dituliskan
  7. Setelah menulis kata-kata yang ingin dipakai, klik Again! Again! Say!
  8. Berikutnya, tulisan tersebut akan dikonversi menjadi Scrolling Text yang bisa disalin
  9. Untuk menyalinnya, tinggal mengklik opsi 'Copy Output Text' dan buka aplikasi WhatsApp
  10. Sahabat Fimela bisa menyalakan opsi fitur Auto Scroll untuk menampilkan pesan secara otomatis
  11. Tidak hanya itu, Sahabat Fimela juga bisa mengatur durasi Scroll Text yang ingin ditampilkan
  12. Sahabat Fimela tinggal menuliskannya di kolom Auto Scroll Time (in seconds)

WhatsApp Umumkan Sejumlah Fitur Baru

WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Disisi lain, pihak WhatsApp mengumumkan akan menghadirkan sejumlah fitur baru untuk para penggunanya. Dilansir dari Liputan6.com, deretan fitur baru ini hadir untuk meningkatkan privasi dan proteksi bagi para pengguna aplikasi chatting tersebut.

"Hari ini, kami bersemangat menghadirkan beberapa fitur privasi baru yang menyediakan lebih banyak lapis perlindungan dan memberi Anda kontrol lebih besar atas pesan yang dimiliki," tulis WhatsApp melalui unggahannya. Berikut deretan fitur baru yang akan digulirkan di WhatsApp:

1. Pengguna Bebas Memilih Orang yang Bisa Melihat Status Online

Bulan Agustus 2022 mendatang, pengguna bisa memilih orang yang diizinkan melihat status ketika dirinya online atau offline.

2. Pengguna Bisa Meninggalkan Grup Diam-Diam

WhatsApp juga menghadirkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk left grup tanpa memunculkan notifikasi pada anggota grup lain. Namun, notifikasi tetap akan ada pada admin grup.

3. Blokir Screenshot di Pesan View Once

Logo WhatsApp
Ilustrasi tampilan WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

View Once menjadi cara populer bagi pengguna untuk berbagi foto atau media agar tidak memiliki jejak digital permanen. Nah kali ini, WhatsApp meningkatkan kemampuannya dengan mengaktifkan fitur blokir screenshot pada pesan View Once. Fitur ini tengah diuji coba dan akan meluncurkannya dalam waktu dekat.

"Kami berharap orang-orang menikmati fitur baru ini dan mendapatkan manfaat dari sejumlah opsi yang membantu menjaga keamanan pesan pengguna. Kami menantikan tanggapan Anda tentang apa yang harus dikembangkan selanjutnya," tulis WhatsApp.

4.Kuasa Admin Grup Ditingkatkan

WhatsApp
Ilustrasi penggunaan aplikasi WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

WhatsApp juga bersiap-siap untuk merilis fitur yang tengah diujicobakan di versi beta ini memungkinkan admin grup WhatsApp dapat menghapus pesan apapun yang dikirim semua anggota grup dan berdampak ke semua orang. Fitur ini diklaim akan membuat grup WhatsApp lebih baik.

Fitur ini akan tersedia bagi penguji beta WhatsApp di Android, yakni WhatsApp Beta hingga versi 2.22.17.12. Cara kerja fitur ini yaitu memilih opsi ‘delete for everyone’  atau ‘hapus untuk semua orang’ artinya fitur tersebut telah tersedia di aplikasi WhatsApp yang terinstal di ponsel.

Nama admin WhatsApp bakal muncul di balon chat seorang adminnmenghapus pesan. Keterangan ini akan dapat dilihat oleh seluruh anggota grup. Dengan begitu, para anggota grup tahu, adminlah yang menghapus pesan tersebut.

5. Pesan WhatsApp Bisa Dihapus Setelah 2 Hari Terkirim

WhatsApp
Ilustrasi logo WhatsApp/ (Sumber foto: Pexels.com)

WhatsApp mengumumkan lewat akun Twitter resmi mereka bahwa dalam update fitur terbaru penggunanya dapat menghapus pesan dua hari setelah terkirim. Secara rinci pengguna baru bisa menghapus pesan setelah 2 hari dan 12 jam untuk menghapus pesan.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp hanya memiliki batas waktu menghapus pesan 1 jam, 8 menit, dan 16 detik--secara spesifik. Cara kerja fitur ini yaitu, dengan men-tao dan tahan pesan yang ingin dihapus, kemudian klik opsi hapus hanya untuk saya atau hapus untuk semua orang.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, semua penerima pesan harus sudah meng-update aplikasi WhatsApp mereka ke versi terkini agar fitur ini berfungsi. Selain itu, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan jika pesan WhatsApp tersebut tidak terhapus di sisi penerima. 

*Penulis: Tasya Fadila

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela