Sukses

Lifestyle

Hadirkan Putri Tanjung, Pegadaian Bagikan Tips Sukses Creativepreneur via Webinar Generasi Pandai

Fimela.com, Jakarta Terjun ke industri kreatif dan menjadi creativepreneur memang nggak semudah telapak tangan. Namun dengan kegigihan dan langkah yang tepat, kesulitan dalam menjadi creativepreneur bakal bisa dilewati.

Seperti Putri Tanjung yang sukses menjadi CEO of Trans Digital Lifestyle Group di usia muda. Berkat pencapaiannya ini, dirinya berbagi banyak insight di Webinar Generasi Pandai #PunyaRencana: Merdeka Dalam Karya persembahan dari Pegadaian.

Digelar pada 11 Agustus 2022 ini, banyak sekali insight yang diberikan Putri Tanjung selaku CEO of Trans Digital Lifestyle Group terkait industri kreatif. Webinar ini juga menghadirkan tokoh inspiratif lain yaitu Damar Latri Setiawan selaku Direktur Utama PT Pegadaian.

Mulai Karir di Usia Belasan Tahun

Di balik kesuksesannya menjadi CEO pada umur 25 tahun, terdapat jerih payah yang dilakukannya sejak lama. Kecintaannya terhadap industri kreatif membawa Putri Tanjung muda melakukan beberapa project sebagai stepping stone dalam menjadi seorang creativepreneur.

"Aku sangat mencintai industri kreatif dan baru benar-benar terjun di umur belasan tahun. Saat itu memulai dengan bikin event kecil-kecilan yang mana bisa snowballing menjadi sebuah Event Organizer. Dari langkah itu akhirnya bisa semakin berkembang hingga mencapai titik ini," jelas Putri Tanjung.

Tantangan yang Dihadapi Creativepreneur

Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan berpendapat jika pengusaha muda dan UMKM akan selalu dihadapkan dengan tantangan meski saat ini teknologi sudah semakin berkembang. Untuk itu, kegigihan dan strategi harus dimanfaatkan agar mampu menciptakan inovasi.

"Saat ini pengusaha muda dan UMKM memang sudah dimudahkan teknologi, namun tetap saja ada tantangan yang harus dihadapi yaitu sumber daya manusia, pasar, finansial, dan inovasi. Jika keempat tantangan itu bisa diatasi, kesuksesan sebuah bisnis hanya tinggal menunggu waktu," ujar Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan.

Di samping itu, Damar juga berpendapat jika masyarakat bisa mendapatkan solusi dari pemerintah melalui Pegadaian. Nantinya, aspek permodalan dan finansial akan bisa teratasi guna menghadirkan inovasi bagi para creativepreneur.

"Kabar baiknya, pemerintah menghadirkan solusi untuk para pengusaha melalui lembaga keuangan yang membantu permodalan seperti Pegadaian. Ada banyak sekali layanan di Pegadaian yang bisa membantu masyarakat soal permodalan seperti Gadai Ekspres hingga layanan Pegadaian Digital yang bisa diakses melalui smartphone. Ini menjadikan Pegadaian semakin tua tapi semakin muda," tutur Damar.

Mindset Penting Creativepreneur

Tak ketinggalan, Putri Tanjung dalam sesi webinar ini juga menghadirkan insight positif. Seperti prinsip bernama 6 I's of Innovation yang terdiri dari Identify, Ignite, Investigate, Implement, Invest, dan Improve.

Selain itu, Putri Tanjung juga berpendapat bahwa penting juga bagi creativepreneur untuk memiliki beberapa skill yaitu kemampuan untuk terus belajar, menerima perubahan dan adaptasi, mau bangkit di situasi sulit, inovasi, kreativitas, mindset bisnis, dan kolaborasi.

"Perlu usaha keras untuk bisa bertahan dalam industri kreatif, sebab saingan kita bukan cuma lokal tapi global. Kita perlu menyadari itu karena teknologi biki kita jadi no boundaries terhadap seluruh dunia. Untuk itulah 6 prinsip ini penting," papar perempuan muda inspiratif ini.

Satu hal yang nggak kalah penting, Putri Tanjung juga berpesan agar creativepreneur punya mindset bisnis yang kuat. Hal ini akan menciptakan karakter dan image yang kuat dalam lini bisnis yang dijalankan.

"Namun dari 6 prinsip tersebut, yang paling penting dan wajib dimiliki adalah mindset yang dimiliki. Entrepreneur wajib banget punya mindset bisnis yang baik agar bisa semakin memudahkan dalam mengembangkan bisnis serta berinovasi dari waktu ke waktu," tambah Putri Tanjung.

Kelola Finansial adalah Kunci

Mindset dan kegigihan memang menjadi yang utama, tapi satu lagi yang nggak boleh dilewatkan adalah pengelolaan finansial yang tepat. Sebagai pilar dari usaha, pengelolaan finansial akan memberikan kemudahan dalam melakukan beberapa langkah kreatif dan inovasi.

"Cara kelola finansial sebagai pengusaha adalah yang terpenting harus menyusun budgeting secara detail, kemudian memisahkan keuangan pribadi dan keperluan bisnis, mengawasi cash flow perusahaan, menyiapkan dana darurat, serta bijak berinvestasi untuk masa depan," ujar Putri Tanjung.

Pegadaian Jadi Solusi untuk Merintis sebagai Pengusaha

Ini menjadi saat yang tepat untukmu menjadi creativepreneur, Sahabat Fimela. Pegadaian menghadirkan Promo Merdeka yang banyak keuntungannya di bulan Agustus 2022 ini.

"Sekarang lagi ada Promo Merdeka di Pegadaian, di mana selama bulan ini masyarakat bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 2,5 juta bebas bunga, bebas sewa modal hingga 45 hari, diskon biaya admin hingga 100%, pencairan pinjaman bisa via transfer, jaminan emas dan elektronik, serta jaminan aman diasuransikan," ujar Damar.

Pegadaian yang merupakan BUMN dan bagian dari BRI Group ini berkomitmen untuk memberikan sumbangsih nyata bagi pengusaha dan UMKM melalui beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan.

"Pegadaian sendiri menjadi platform yang menabungnya dapat, investasinya juga dapat. Bisa transaksi online di Pegadaian Digital, ada pula layanan gadai dari rumah, tersedia sistem harian hingga bulanan, bebas biaya admin & provisi, dan yang terpenting sudah diawasi oleh OJK," tambah Direktur Utama Pegadaian tersebut.

 

Kamu Juga Bisa Jadi Mitra Pegadaian Lho

Bukan cuma sebagai investasi emas serta mencari modal usaha, Pegadaian juga membuka peluang buat kamu untuk menjadi mitra yaitu agen Pegadaian. Nantinya, akan ada beberapa sektor yang diperlukan yaitu agen gadai, agen pemasaran, agen pembayaran, agen komunitas, serta agen prioritas.

"Masyarakat juga bisa menjadi agen Pegadaian yang memiliki manfaat berupa penghasilan hingga jutaan per bulan, menambah jumlah pelanggan dan kepercayaan masyarakat, mendapatkan branding gratis, dan semua transaksinya praktis lantaran sudah tersedia secara online, jelas Damar.

See, semua peluang sudah terbuka lebar untuk menjadi seorang creativepreneur di Webinar Generasi Pandai #PunyaRencana: Merdeka Dalam Karya persembahan dari Pegadaian. Yuk mulai sekarang juga, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading