Sukses

Lifestyle

5 Tips Mudah Menjaga Keamanan Data Diri di Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Media sosial menjadi salah satu kebutuhan utama sebagian besar orang. Hampir semua orang bermain media sosial untuk sekedar mencari informasi. Tapi tidak sedikit orang yang bermain di media sosial untuk mencari informasi sekaligus berbagi informasi dan berkomunikasi. Meski bermain media sosial sangatlah nyaman dan menyenangkan, kita harus lebih bijak dalam bermedia sosial Sahabat Fimela. 

Ketika kita banyak lalai dalam bermedia sosial, hal ini bisa menyebabkan begitu banyak dampak buruk dalam diri kita pun orang-orang di sekitar kita. Ketika asal bermedia sosial dan tidak hati-hati, ini bisa meningkatkan risiko tercurinya data diri kita. Jika sudah begitu, bisa saja hal ini akan membuat orang lain menyalah gunakan data diri atau informasi terkait diri kita. 

Lantas untuk menjaga keamanan data diri di media sosial, apa yang bisa kita lakukan? Mengutip dari laman liputan6.com, ada beberapa tips menjaga keamanan data diri di media sosial. Berikut beberapa tips tersebut.

Ganti Password Secara Berkala

Tips pertama dan penting dilakukan adalah mengganti password atau kata sandi pada setiap aplikasi secara berkala. Ini dilakukan untuk menjaga keamanan data diri dan menjaga aplikasi dari serang siber. Usahakan untuk mengganti pasword secara berkala setidaknya setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali.

Jangan Klik Tautan Mencurigakan

Saat membuka media sosial tertentu, tidak jarang akan muncul tautan atau iklan pada layar gawai kita. Sebisa mungkin hindari untuk mengklik tautan tersebut. Tidak jarang tautan yang tiba-tiba muncul di media sosial mengarah ke halaman yang bisa berdampak buruk bagi media sosial kita atau data diri kita.

Bedakan Alamat E-mail untuk Media Sosial dan Perbankan

Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan satu e-mail untuk semua kebutuhan bermedia sosial maupun untuk lainnya. Padahal, jika salah satu media sosial diserang, ini bisa berimbas ke semua aplikasi yang kamu unduh. Sebaiknya gunakan e-mail yang berbeda sesuai dengan kebutuhanmu. Bedakan antara e-mail untuk perbankan, media sosial, pekerjaan atau lainnya.

Hindari Membagikan Informasi Penting di Media Sosial

Usahakan untuk menghindari membagikan informasi penting di media sosial. Hindari pula membagikan lokasi terkini, foto tiket pesawat dan sejenisnya untuk meminimalisir kejahatan yang bisa saja menimpamu. Setiap informasi penting sebaiknya disimpan untuk diri sendiri atau dibagikan dengan orang-orang terpercayamu.

Hati-hati Menggunakan Fitur VPN (Virtual Private Network)

Lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakan VPN. Untuk penggunaan VPN terutama yang gratis, membuka kemungkinan data-data pribadi yang ada di dalam perangkat kita. Ini bisa bisa saja meningkatkan risiko data diri kita dicuri oleh penjahat siber serta infeksi malware yang dapat menyusupi VPN.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan data diri di media sosial. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Sahabat Fimela, lebih bijak dalam bermedia sosial.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading