5 Cara Hadirkan Hati yang Tenang saat Kesepian

Endah Wijayanti17 Agu 2022, 07:45 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 07:45 WIB
menjadi perempuan kuat

Fimela.com, Jakarta Rasa kesepian bisa membuat kita merasa tak tenang. Bahkan dipenuhi rasa cemas dan takut. Rasa kesepian yang hadir bisa membuat kita seakan kehilangan arah dan bingung harus melakukan apa.

Saat merasa kesepian, kita bisa meluangkan waktu untuk menghadirkan hati yang tenang. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan ketenangan dan kenyamanan ketika kesepian. Berikut lima strategi sederhana yang bisa dicoba.

 

 

1. Apresiasi Perjalanan Hidup Sendiri

perempuan dan cinta pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Mengutip buku Loving the Wounded Soul, kita merasa kesepian karena semua orang menjadi saingan hidup kita. Salah satu penyebab rasa kesepian adalah kita merasa harus selalu berkompetisi dengan orang lain. Apalagi di dunia modern dengan dinamika kehidupan yang cepat, kita merasa harus selalu serba cepat dan paling unggul dari segalanya. Padahal perjalanan dan perjuangan tiap orang berbeda. Saat kita merasa kesepian di situasi seperti ini, kita bisa meluangkan waktu untuk mengapresiasi perjalanan hidup kita sendiri dulu apa adanya.

 

 

2. Lakukan Sesuatu untuk Jernihkan Pikiran

perempuan dan cinta pertama 2
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Kita bisa melakukan sesuatu untuk menjernihkan pikiran. Salah satu caranya adalah dengan meditasi. Meditasi bisa bantu melatih pikiran agar bisa lebih jernih dalam memikirkan, mengevaluasi, dan merasakan pikiran serta emosi diri. Kalau belum terbiasa meditasi, bisa coba latihan napas atau melakukan hal yang bisa menghadirkan rasa nyaman dalam diri kita.

 

3. Istirahatkan Pikiran dari Kesibukan

perempuan dan cinta pertama 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Rasa kesepian mungkin juga bisa hadir karena terlalu banyak hal yang dipikirkan tetapi belum bisa menemukan solusi terbaiknya. Untuk meredakan rasa tak nyaman, kita bisa coba mengistirahatkan pikiran dari kesibukan. Caranya bisa dengan mewarnai buku, menulis jurnal, berenang, joging, atau sekadar menikmati secangkir kopi hangat.

 

 

4. Terhubung dengan Seseorang

teman curhat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Melansir laman harleytherapy.co.uk, salah satu alasan seseorang bisa sering merasa kesepian di tengah keramaian adalah karena tak pandai terhubung dengan orang lain. Ada kecemasan sosial yang masih dirasakan. Kita bisa mencoba untuk terhubung dengan orang yang membuat kita nyaman. Bisa juga mencoba untuk menghubungi seseorang untuk sekadar berbagi perasaan. Kalau perasaan kesepian cenderung mengarah ke gejala Depresi, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater.

 

 

5. Nikmati Momen yang Ada

perempuan dan kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio

Terima rasa kesepian tersebut untuk hadirkan hati yang lebih tenang. Peluk diri sendiri. Bisa jadi rasa kesepian ini hadir sebagai pertanda bahwa dirimu butuh rehat atau ruang sendiri. Ikuti saja alurnya dan suasananya selama beberapa waktu untuk bisa hadirkan rasa tenang.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk tenangkan diri ketika merasa kesepian. Kalau rasa kesepian terasa sangat intens, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela