5 Cara Tenang Menyikapi Rasa Kesepian agar Tidak Makin Resah

Endah Wijayanti19 Agu 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 15:57 WIB
perempuan dan kini lebih bahagia

Fimela.com, Jakarta Saat rasa kesepian hadir, kadang hati jadi makin resah. Kita merasa ada yang salah tapi tak tahu apa. Serta kita bingung harus melakukan apa karena memproses dan mencerna perasaan jadi makin membingungkan saat kesepian.

Ada tidaknya orang lain, kita bisa merasa kesepian. Di tengah keramaian atau kesunyian, kita pun masih bisa merasa kesepian. Kesepian bisa hadir di saat yang tak pernah kita duga. Agar hati tidak malah makin resah saat kesepian, ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan. Seperti cara-cara berikut ini.

 

 

1. Terima Momen yang Hadir

perempuan bahagia
ilustrasi tertawa memegang bunga/lookstudio/www.freepik.com

Mengutip buku The Comfort Book, "Obat kesepian bukanlah lebih banyak orang. Obat kesepian adalah memahami siapa diri kita." Ketika rasa kesepian hadir, ini bisa jadi pertanda kita perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Tak perlu langsung memaksakan diri untuk berada di tengah keramaian atau berkumpul dengan banyak orang. Cukup luangkan waktu untuk menerima dan merasakan momen yang hadir. Anggap saja ini kesempatan untuk rehat sejenak dari semua kesibukan yang ada.

 

 

2. Melambat Sejenak

perempuan bekerja awet muda mandiri tersenyum bahagia
ilustrasi/polkadot_photo/Shutterstock

Maksudnya adalah cobalah untuk menikmati setiap waktu yang ada saat ini apa adanya. Tak perlu memaksa diri mengejar apa pun lebih dulu. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, kita merasa kesepian karena semua orang menjadi saingan hidup kita. Salah satu penyebab rasa kesepian adalah kita merasa harus selalu berkompetisi dengan orang lain. Saat rasa kesepian hadir, cobalah untuk melambat sejenak dan apresiasi perjalanan hidup sendiri agar tidak makin stres atau tertekan.

 

 

3. Lakukan Hal Baru untuk Diri Sendiri

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Daripada menghabiskan terlalu banyak waktu mencari alasan kenapa merasa kesepian, ada baiknya kita fokus dengan mencari cara untuk memberi respons terbaik terhadap situasi yang ada. Kita bisa merespons rasa kesepian dengan melakukan hal baru untuk diri sendiri. Menghadirkan pengalaman baru bisa menghadirkan warna baru dan meluruhkan rasa kesepian.

 

 

4. Peluk Diri Lebih Erat Lagi

love self
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Krakenimages.com

Berterima kasihlah pada diri yang sudah memilih untuk berjuang dan tetap melangkah ke depan terlepas dari semua masalah yang ada. Rasa kesepian ini tak ubahnya ruang untukmu bisa lebih memahami diri sendiri dan tumbuh jadi pribadi yang lebih baik lagi. Peluk diri lebih erat lagi. Bila perlu, cobalah untuk kembali terhubung dengan orang-orang yang selalu ada di sisimu untuk membuatmu lebih kuat lagi.

 

 

5. Hadirkan Manfaat Baru

self love
ilustrasi/Photo by Đàm Tướng Quân from Pexels

Kadang melakukan sesuatu untuk orang lain bisa membuat kita makin bahagia. Kita pun bisa mendapatkan kepuasan batin dari hal yang kita lakukan untuk orang lain. Ketika rasa kesepian membuat kita merasa hampa, maka bisa jadi ini saatnya kita berbuat hal baik untuk orang lain atau lingkungan sekitar kita.

Kalau perasaan kesepian atau kesedihan terus berlarut-larut, bahkan mulai mengarah ke gejala Depresi, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater, ya. Semoga ke depannya, hidup kita bisa terasa lebih indah dan bermakna lagi.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓