Sukses

Lifestyle

Jelang Akhir Pandemi, Perempuan Indonesia Disebut Semakin Mandiri dengan Punya Usaha Sendiri

Fimela.com, Jakarta Selama lebih dari dua tahun pandemi COVID-19 membuat perekonomian negara menjadi lesu. Meski demikian, perlahan tapi pasti perekonomian negara cenderung membaik seiring dengan kembali produktifnya beberapa sektor Indonesia.

Industri UMKM menjadi salah satu industri penyumbang pendapatan negara terbesar. Kini semakin banyak UMKM yang tumbuh sebagai bentuk kembali pulihnya ekonomi nasional.

Dalam rangkaian perayaan ulang tahun yang ke-13, Tokopedia mengungkapkan industri UMKM kini didominasi oleh perempuan. Bukan hanya menjadi konsumen, ternyata perempuan Indonesia sudah mengambil peran sebagai penggerak ekonomi nasional dengan mendirikan UMKM.

Para pelaku UMKM perempuan ini memilih untuk membuka bisnis di bidang fashion dan kecantikan. Sehingga menghadirkan pilihan produk yang lebih variatif dan bisa terjangkau dari Sabang sampai Merauke.

 

Produk fashion dan kecantikan paling populer

“Pendekatan Hyperlocal diterapkan di berbagai kampanye, seperti Cantik Fest, Women In Style, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi. Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” kata Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.

Di kategori Fesyen, sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blouse dan daster, serta sneakers wanita adalah beberapa produk paling laris. Di kategori Kecantikan, pembersih, serum, krim, sunblock, hingga paket perawatan wajah menjadi beberapa produk paling populer.

 

Pelaku UMKM perempuan meningkat

Disampaikan oleh Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communication Tokopedia, daerah Lampung Barat dan Kabupaten Semarang menjadi daerah dengan peningkatan jumlah UMKM yang digagas oleh perempuan paling tinggi di seluruh Indonesia.

"Sejalan dengan upaya untuk mendukung produk lokal kami menyediakan layanan Dilayani Tokopedia. Layanan ini merupakan jaringan gudang di mana para pemilik usaha bisa menitipkan barangnya di gudang. Dari warehouse, packaging, dan pengiriman dilakukan oleh Tokopedia," kata Ekhel dalam Media Gathering 13ersama Tokopedia pada Kamis (18/8/2022).

 

Dilayani Tokopedia

Hadirnya layanan Dilayani Tokopedia ini ternyata tidak hanya memberikan dampak bagi sisi penjual. Dari sisi pembeli pun juga merasakan manfaat dengan hadirnya layanan ini.

"Didukung dengan kampanye yang support produk lokal. Dengan layanan ini kita juga mendekatkan diri dengan pembeli untuk bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih terjangkau," lanjut Ekhel.

Layanan Dilayani Tokopedia ini hadir di tujuh kota di Indonesia yang melayani sejumlah wilayah agar bisa lebih terjangkau. Seperti misalnya terdapat layanan Dilayani Tokopedia di Makassar yang melayani pemesanan dari wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Hadirnya layanan ini di Makassar memudahkan masyarakat yang tinggal di Papua untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan harga ongkos kirim yang lebih terjangkau dibandingkan jika dibeli dari Jakarta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading