Sukses

Lifestyle

4 Peregangan untuk Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Fimela.com, Jakarta Saat merebahkan diri di kasur dan bersiap untuk tidur, mungkin terkadang tubuhmu akan terasa tidak nyaman. Leher pegal dan kaku, punggung sakit, otot terasa tegang dan lain sebagainya yang membuatmu harus mencari posisi pas agar tetap bisa tertidur pulas.

Melansir dari Well and Good, pakar tidur mengatakan rasa sakit dan nyeri di malam hari disebabkan oleh ritme sirkadian. Ritme ini merupakan ritme biologis alami yang mengatur fungsi fisik, perilaku, dan psikologis dengan siklus yang berlangsung sekitar 24 jam. Bila seseorang kurang tidur maka rasa nyeri dan tidak nyaman pada tubuh akan semakin memburuk.

Rasa nyaman pada tubuh dianggap mampu meningkatkan kualitas tidur sehingga saat bangun dirimu siap untuk menjalankan aktivitas seharian penuh. Ada beberapa peregangan tubuh yang dapat dilakukan sebelum tidur untuk membuat tubuhmu rileks dan nyaman. Berdasarkan bukti empiris dari beberapa orang, ini dia 4 peregangan untuk membantumu tidur nyenyak.

1. Cat-cow

Peregangan dengan gaya cat cow dimulai dengan posisi merangkak. Lutut dibuka selebar pinggang dan tangan menapak pada alas atau lantai selebar bahu. Saat tarik napas, lengkungkan punggung ke bawah dan angkat kepala ke atas. Lalu hembuskan napas dengan posisi punggung melengkung ke atas dan kepala menghadap bawah dengan menatap paha. Lakukan perlahan dan ulangi sebanyak 10-15 kali.

2. Child’s Pose

Posisikan tubuhmu untuk duduk berlutut di kasur atau lantai dengan jempol kaki kanan dan kaki kiri menyatu, lutut lebar, dan bokong bertumpu pada tumit. Posisikan tangan ke depan dan turunkan dada ke bawah sampai dahimu menempel pada kasur atau lantai. Biarkan lenganmu meregang panjang pada kasur atau lantai dengan bisep berada didekat telinga. Selama berada pada posisi ini, tarik napas dalam 4-6 detik lalu hembuskan dalam hitungan 6-8 detik. Ulangi tarik napas dan buang napas selama 30 detik dengan posisi tubuh tidak berubah hingga selesai.

3. Butterfly Stretch

Untuk melakukan peregangan ini, mulai dengan posisi duduk dengan kaki ditekuk. Satukan telapak kaki dengan posisi dekat dengan panggul. Pegang telapak kaki yang menyatu dan bungkuk kan tubuh untuk memperdalam peregangan. Agar tetap nyaman, letakkan bantal di bawah lutut. Lakukan peregangan ini selama 30-60 detik.

4. Puppy Pose

Posisikan tubuhmu untuk berlutut dengan posisi merangkak. Tarik tangan ke depan sampai dada ke bawah dan kepala atau dahi menempel pada kasur atau lantai. Lengan tetap lurus, dan bisep harus berada didekat telinga. Posisi ini membantumu untuk meregangkan otot punggung, tulang belakang, dan bahu. Tahan posisi selama 30-60 detik.

4 peregangan tersebut dapat membantu otot tubuh rileks dan mengurangi nyeri pada tubuh. Tubuh yang nyaman akan membuat kualitas tidur meningkat.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading