Sukses

Lifestyle

5 Strategi Mengatur Keuangan yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Sebanyak apapun uang yang dimiliki, bila tidak bisa mengelolanya dengan baik uang tersebut akan cepat habis. Mungkin sampai tak tersisa. Oleh karena itulah kemampuan pengelolaan keuangan diperlukan setiap orang.

Menyisihkan uang untuk berinvestasi dan menabung mungkin terdengar sulit. Melansir dari Investopedia, ini lima strategi untuk mengatur keuangan agar pengeluaranmu terkendali.

1. Catat Pengeluaran

Pengelolaan keuangan yang baik dimulai dari kesadaran berbelanja. Menebak total pengeluaran bulanan mungkin akan sulit bila tidak memiliki catatan. Dengan mencatat pengeluaran tiap harinya, akan lebih mudah untukmu mengetahui berapa banyak uang yang dibelanjakan untuk hal yang tidak perlu. Hal ini akan membantumu untuk melakukan budgeting pada tiap kategori pembayaran sehingga uang dapat disisihkan untuk tabungan atau keperluan yang lebih penting.

2. Bayar dengan Uang Tunai, Bukan Kredit

Salah satu cara terpenting untuk mengendalikan finansial adalah dengan pembayaran yang dilakukan saat berbelanja. Saat ini, banyak pilihan pembayaran menggunakan e-wallet atau dompet digital dan kartu kredit. Mungkin terasa mudah, namun tanpa disadari penggunaan e-wallet dan kartu kredit justru menimbulkan sifat konsumtif. Pembayaran hanya dengan gesek kartu atau scan barcode membuatmu tanpa sadar sudah menghabiskan uang banyak. Menggunakan uang tunai mungkin lebih menyulitkan karena rentan hilang, uang sobek, atau memakan banyak penyimpanan. Namun cara ini lebih efisien untuk menekan pengeluaran. Kamu bisa mengatur pengeluaran dengan memegang uang tunai sesuai budget sehingga menimbulkan kesadaran akan penggunaan uang.

3. Buat Anggaran Bulanan yang Realistis

Tetapkan anggaran bulanan yang dapat dipertahankan berdasarkan gaji atau pemasukanmu. Memaksakan diri untuk tidak pernah makan di luar dan hanya membawa makanan dari rumah, tidak berbelanja, atau gaya hidup lainnya bukan cara yang tepat untuk mengendalikan keuangan. Kamu tetap bisa menerapkan gaya hidupmu dengan membuat anggaran dengan batas yang tepat.

4. Sisihkan Uang untuk Tabungan

Dalam hidup mungkin akan sering dihadapi dengan pengeluaran darurat dan tak terduga. Untuk mengatasi hal ini, sisihkan uangmu khusus untuk dana darurat dan pengeluaran tak terduga. Cara ini dapat membantu untuk tidak berhutang dan menyelamatkanmu dari situasi genting. Dana darurat mungkin dapat kamu gunakan seperti untuk biaya rumah sakit, biaya hidup bila kehilangan pekerjaan, dan lainnya sesuai kebutuhan.

5. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan tepat waktu adalah salah satu strategi mengatur keuangan dengan bijak. Dengan tidak menunda pembayaran, tagihan tidak akan membengkak di kemudian hari dan uang yang tersisa dapat digunakan untuk prioritas lainnya. Selain itu, dengan membayar sebelum tenggat waktu dapat menyelamatkanmu dari sanksi atau bunga yang harus dipenuhi karena telat membayar.

Perlu diingat bahwa pengelolaan keuangan setiap orang itu berbeda tergantung pada kebutuhan dan pengeluaran masing-masing. Kelola finansial dengan baik sejak dini agar keadaan finansial di masa depan terjamin.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading