Sukses

Lifestyle

5 Tips Mencari Pekerjaan Sesuai Passion yang Cocok Untukmu

Fimela.com, Jakarta Mencari pekerjaan bisa dianggap sama seperti mencari pasangan. Harus cocok dan pas dihati. Terkadang orang berpindah-pindah profesi karena tidak menemukan pekerjaan apa yang tepat untuknya. Tak jarang juga mahasiswa yang baru lulus kuliah kesulitan mencari pekerjaan yang cocok.

Tantangan bukan hanya dari pelamar pesaing, tapi juga diri sendiri. Kecocokan dalam posisi yang dimiliki harus dimiliki agar bekerja terasa lebih menyenangkan. Dilansir dari Entrepreneur, berikut tips mencari pekerjaan yang cocok untukmu.

1. Ketahui Tujuan Karirmu

Posisi yang tepat untukmu bisa jadi berdasarkan tujuan karirmu. Ingin menjadi reporter? Manajer perusahaan? Atau bekerja di perusahaan milik negara? Semua jawaban ada pada tujuan karir atau cita-citamu. Mungkin tujuan karir belum tentu cocok dan pas, namun memiliki bayangan dalam berkarir lebih memudahkanmu untuk memetakan ke mana harus melangkah.

2. Kejar Kariermu, Jangan Lari dari Karier

Mungkin saat ini pekerjaanmu membuat suntuk dan tidak bergairah. Hal tersebut bisa dikarenakan ketidakcocokan antara passion dan posisi yang dimiliki. Namun, jangan lari dari pekerjaan. Bila merasa tidak pas dengan profesi saat ini, cobalah untuk melamar pada profesi lain yang menarik atau ingin dicoba. Untuk memiliki karir yang cemerlang cara terbaik adalah dengan menemukannya, bukan lari darinya.

3. Berbagi Pengalaman dengan Teman

Berdiskusilah dengan teman yang memiliki pekerjaan berbeda denganmu. Tanyakan wawasan umum mengenai pekerjaan, tantangan, dan perusahaan mereka. Mengetahui apa pekerjaan orang lain mungkin membantumu menemukan ketertarikan pada suatu posisi.

4. Mengikuti Pembinaan Karir

Mempersiapkan diri sebelum memulai karir baru atau pertama kali terjun pada dunia karir mungkin menjadi pengalaman menegangkan. Mengikuti bimbingan karir bisa menjadi solusi untukmu mengetahui pekerjaan yang paling cocok.

5. Pelajari Budaya Perusahaan

Saat ingin melamar pekerjaan disuatu perusahaan, pelajarilah budaya perusahaan tersebut. Mengetahui bagaimana perusahaan bergerak mungkin bisa menjadi pertimbanganmu menilai apakah posisi dan perusahaan tersebut cocok untukmu. Luangkan waktu untuk melihat review atau cerita karyawan dan image perusahaan di mata publik.

Untuk menemukan pekerjaan yang tepat, ketahuilah apa yang dirimu butuhkan dan inginkan. Mengenal tujuan karir akan membantu untuk mencari pekerjaan.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading