3 Manfaat Rajin Journaling untuk Kesehatan Mentalmu

Fimela Reporter20 Sep 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 11:49 WIB
Jumlah Kata Sebanyak 4-6 Kata per Baris

Fimela.com, Jakarta Kegiatan journaling atau menulis catatan harian mungkin terlihat begitu sepele atau banyak yang menganggap kegitan ini hanya membuang-buang waktu saja. Tapi jangan salah ternyata jika ditelusuri lebih lanjut kegiatan journaling bukan hanya sekedar menulis catatan harian saja, kegiatan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mentalmu.

Journaling adalah sebuah kegiatan untuk menumpahkan buah pikiran, mengeksplorasi perasaan, menuangkan emosi, dan ide-ide yang berkaitan dengan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan yang ditulis di sebuah buku ataupun dalam bentuk ketikan yang dapat kamu simpan di komputer maupun ponsel pintarmu.

Berikut 3 manfaat rajin journaling untuk kesehatan mentalmu.

1. Membantu Mengurangi Tingkat Stres

kepribadian karakter zodiak
ilustrasi menulis journal/Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari terkadang hal buruk terjadi atau ada sesuatu yang berjalan kurang sesuai dengan kehendakmu. Hal ini dapat memicu stres. Stres yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Oleh karena itu kamu harus pandai mengelola stres. Salah satu cara yang ampuh untuk membantumu mengelola stres adalah journaling. Dilansir dari laman healthline beberapa penelitian melaporkan bahwa adanya penurunan tingkat stres setelah seseorang rutin menyelesaikan latihan penjurnalan. Dalam melakukan journaling kamu bisa menulis bagaimana perasaanmu hari ini, apa saja hal yang kamu inginkan, dan apa saja hal yang kamu syukuri. Kamu juga bisa menulis hal-hal lain yang dapat membantumu menumpahkan emosi yang kamu rasa.

 

2. Journaling Membantu Kita untuk Memproses dan Mengendalikan Emosi

Pengertian Kalimat Efektif Menurut Para Ahli
Ilustrasi menulis journal Credit: pexels.com/Dean

Banyak orang yang menjalani hari-hari mereka tanpa merasakan emosi mereka lebih dalam. Mereka kebanyakan tanpa sadar menekan emosi mereka. Jika tidak menyadari emosi apa yang sedang dirasakan maka seseorang akan sulit untuk memproses dan mengendalikan emosi tersebut. Journaling dapat membantumu untuk memproses dan mengendalikan emosi. Dengan menumpahkan perasaan-perasaan yang kamu rasa dalam bentuk tulisan maupun ketikan, kamu akan lebih mudah untuk menyadari emosi apa saja yang kamu rasa. Setelah mengidentifikasi emosi yang kamu rasa kamu bisa lebih mudah untuk mengendalikan emosi-emosi tersebut.

3. Meningkatkan Kesadaran Diri (Self Awareness)

Ilustrasi menulis kalimat
Ilustrasi menulis kalimat. (Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels)

Kesadaran diri atau self-awareness adalah kemampuan seseorang dalam mengenali dirinya secara utuh baik karakter, pikiran, emosi, kelemahan, dan kelebihan dalam diri mereka. Dengan kesadaran diri yang baik seorang akan lebih mudah memahami apa yang ia butuhkan, apa yang ia inginkan, kemampuan dirinya sehingga ia dapat membuat keputusan yang baik untuk dirinya. Kesadaran diri yang baik juga dapat membantu seseorang untuk mampu mengatur emosi dengan baik yang dapat membuatnya lebih bahagia.

Untuk membangun kesadaran diri yang baik kamu bisa melakukan journaling. Journaling yang berisikan tulisan-tulisan tentang perasaanmu, pikiranmu, ide-idemu, mimpi-mipimu, peristiwa apa saja yang terjadi pada dirimu, dan hal-hal lainnya tentang dirimu, akan membantumu menyadari hal-hal dalam dirimu yang mungkin tidak kamu perhatikan sebelumnya.

 Itu dia manfaat dari rajin journaling, setelah membaca tulisan ini, apakah kamu sudah tertarik untuk memulai journaling?

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela