Cara Membuat Sapu Tangan yang Mudah dan Cantik

Kezia Prasetya Christvidya20 Sep 2022, 15:05 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 15:05 WIB
sapu tangan

Fimela.com, Jakarta Sapu tangan adalah kain tipis yang digunakan untuk mengelap keringat, membersihkan kotoran di tangan, atau menutup mulut saat batuk. Sapu tangan ini bisa dijadikan sebagai pengganti tisu, agar ramah lingkungan dan bisa digunakan berulang kali. Sapu tangan dapat dibuat sendiri dengan mudah.

Menurut sejarah, zaman dahulu sapu tangan hanya digunakan oleh kalangan atas atau bangsawan. Sapu tangan mulai terkenal di daerah Venesia dan Prancis. Dulunya, sapu tangan memiliki harga yang sangat mahal dengan hiasan bordir dan renda, sehingga hanya kaum bangsawan yang bisa membeli dan menggunakannya.

Namun, zaman sekarang sapu tangan bisa digunakan oleh semua orang. Sahabat Fimela bisa membuat sapu tangan dengan macam-macam dekorasi, lalu bisa dijual kembali. Berikut cara membuat sapu tangan yang mudah:

Kain untuk Membuat Sapu Tangan

sapu tangan
ilustrasi Kain untuk Membuat Sapu Tangan/elizaveta66/shutterstock

1. Kain Katun

Untuk menjahit sapu tangan, Sahabat Fimela bisa menggunakan kain katun yang lembut. Kain katun adalah kain yang terbuat dari serat alami, dan berasal dari cotton atau kapas. Kain katun ini memiliki bahan yang dingin dan bisa menyerap keringat.

2. Kain Sutra

Sutra atau sutera merupakan kain yang terbuat dari serat protein alami, yang ditenun dan dijadikan kain. Kain sutra memiliki tekstur yang sangat lembut. Kain sutra dijual dengan harga yang lebih mahal daripada kain katun, karena kain sutra ini bisa dijahit menjadi sapu tangan atau baju yang indah.

3. Kain Linen

Kain linen merupakan kain yang terbuat dari serat tumbuhan linen. Kain linen biasanya digunakan untuk membuat sapu tangan dan campuran katun. Tekstur dari kain linen lembut, sehingga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan sapu tangan atau baju. Jika sering dicuci, kain linen akan semakin nyaman dipakai.

Cara Membuat Sapu Tangan

sapu tangan
ilustrasi cara membuat sapu tangan/Diana0403/shutterstock

Bahan:

  • Kain
  • Penggaris
  • Gunting Mesin / jarum jahit
  • Benang

Cara membuat:

  1. Potong kain dengan ukuran 12x12 inci (sekitar 30 cm) persegi untuk sapu tangan laki-laki, dan ukuran 8x8 inci (22cm) persegi untuk perempuan.
  2. Kemudian lipat tepi lebih dari 1/2 inci (sekitar 12mm) dan jahit. Lalu Lipat atas yang lain 1/2 inci (sekitar 12mm) dan jahit.
  3. Jika sapu tangan sudah terjahit rapi di bagian tepi, Sahabat Fimela bisa menghiasi sapu tangan dengan renda atau bordiran.
  4. Setelah sapu tangan jadi, cucilah sapu tangan sampai bersih dan gunakan setelahnya.
Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela