5 Bukti Dirimu Bisa Bahagia tanpa Harus Bergantung pada Orang Lain

Endah Wijayanti20 Sep 2022, 13:35 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 13:42 WIB
membangun rasa percaya diri

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa bahagia, tak harus selalu menunggu pujian, sanjungan, atau validasi orang lain. Ya, kalaupun kita bisa mendapatkan apresiasi positif orang lain, terima rasa bahagia yang ada dan syukuri semua. Namun, tak harus bergantung pada perhatian orang lain untuk bisa menghadirkan rasa bahagia di kehidupan kita sendiri.

Kita bisa bahagia tanpa harus menunggu validasi dari orang lain. Berikut ini sejumlah pertanda yang dapat menjadi sinyal bahwa sebenarnya kita bisa bahagia dengan cara ternyaman kita sendiri. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Punya Tujuan Hidup Sendiri

perempuan dan minum teh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mrsiraphol

"If you want to live a happy life, tie it to a goal, not to people or things."– Albert Einstein

Kamu tahu apa yang kamu mau dalam hidup, dan itu memudahkanmu untuk merangkai jalan menuju kesuksesan atau keberhasilan yang kamu inginkan. Saat kamu tahu tujuan hidupmu, kamu tak akan mudah merasa cemas atau iri ketika melihat pencapaian atau kehidupan orang lain. Kamu pun tak harus menunggu semangat dari orang lain untuk bergerak sebab kamu sudah punya motivasi diri yang kuat.

 

 

 

2. Menekuni Bidang yang Disukai

santai merenung kalem tenang
ilustrasi perempuan minum kopi teh/Guitarfoto/Shutterstock

"Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven't found it yet, keep looking. Don't settle. As with all matters of the heart, you'll know when you find it." — Steve Jobs

Ada bidang yang sangat kamu sukai. Saat kamu bisa memperjuangkan yang kamu sukai dan menekuni bidang yang kamu minati, maka kebahagiaan bisa kamu dapatkan. Menekuni bidang pendidikan atau pekerjaan yang disukai bisa memberi kepuasan batin, dan hal ini dapat berkontribusi untuk memberimu kebahagiaan.

3. Tidak Terobsesi dengan Standar Hidup Orang Lain

tersenyum minum teh pagi hari
ilustrasi perempuan bahagia/TimeImage Production/Shutterstock

"Your time is limited, so don’t waste it living someone else’s life. Don’t be trapped by dogma – which is living with the results of other people’s thinking." – Steve Jobs

Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan memperburuk suasana hati. Maka dari itu, akan lebih bijak bila kita menetapkan standar hidup sendiri dan berjuang mendapatkannya untuk mendapatkan kebahagiaan yang membuat hati tenang. Jadi, tak perlu terobsesi dengan standar hidup orang lain.

 

 

 

 

4. Bisa Menebarkan Banyak Manfaat

senyum santai minum kopi teh
ilustrasi perempuan bahagia/theshots.co/Shutterstock

"Don’t settle for what life gives you; make life better and build something." — Ashton Kutcher

Makin banyak manfaat yang bisa kamu tebar dan bagi, makin bahagia hidupmu. Bisa menjadi pribadi yang lebih bermanfaat hadirkan kebahagiaan di dalam diri kita. Kebahagiaan pun bisa makin berlipat ganda ketika kita makin sering berbagi dan menebar manfaat.

5. Fokus Melakukan yang Terbaik

perempuan dan minum teh samping
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

"Life imposes things on you that you can’t control, but you still have the choice of how you’re going to live through this." — Celine Dion

Kita memang tak bisa melakukan segalanya dengan sempurna, tapi kita bisa menghadirkan upaya terbaik dalam tiap hal yang kita kerjakan. Ketika kita bisa menjaga fokus untuk melakukan yang terbaik dalam hidup (dan tak terbebani dengan apa pun hasilnya), maka kita bisa lebih mudah bahagia menjalani hidup.

Semoga ke depannya kita bisa hidup dengan meraih kebahagiaan yang kita inginkan, ya. Terima kasih sudah berjuang dan bertahan dengan baik hingga sekarang.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela