5 Cara Mengurangi Rasa Minder agar Makin Nyaman Jadi Diri Sendiri

Endah Wijayanti20 Sep 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 17:45 WIB
perempuan ambisius

Fimela.com, Jakarta Seringkali kita merasa minder karena tidak percaya diri dengan kekurangan diri. Ketidaksempurnaan diri pun kerap membuat kita merasa insecure. Saat sudah minder, rasanya sulit sekali untuk tampil menjadi diri sendiri.

Agar tidak gampang merasa minder, ada sejumlah cara yang bisa kita coba. Berikut ini lima strategi sederhana yang bisa dipraktikkan untuk mengurangi rasa minder. Simak uraiannya di bawah ini.

 

 

 

 

1. Kenakan Pakaian yang Paling Nyaman

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/photo created by svetlanasokolova - www.freepik.com

Saat kita merasa minder dan kehilangan motivasi atau semangat, cobalah untuk berpenampilan sesuai dengan kenyamanan diri. Kenakan pakaian ternyaman untuk bantu tingkatkan rasa percaya diri. Dari sini, suasana hati kita bisa lebih baik. Pakaian yang kita kenakan bisa memberi banyak pengaruh pada mood kita.

 

 

2. Terima Keunikan Diri Apa Adanya

senyum santai minum kopi teh
ilustrasi perempuan bahagia/theshots.co/Shutterstock

Jika merasa minder dengan diri sendiri, maka ada baiknya untuk menerima keunikan diri sendiri lebih dulu. Bentuk fisik dan warna kulit kita tercipta di luar kendali kita. Tak bisa memilih dilahirkan di keluarga yang seperti apa. Bahkan ukuran tubuh dan gen yang ada di dalam diri kita pun hadir tanpa pernah bisa kita atur. Terima saja keunikan diri apa adanya karena hal ini akan memudahkan kita untuk berani tampil sebagai diri sendiri.

 

 

3. Ubah Kekurangan sebagai Motivasi Diri

bertopi bahagia dewasa
ilustrasi perempuan tersenyum/AnemStyle/Shutterstock

Mengutip buku How to Respect Myself, emosi bernama rendah diri terkait dengan tiga jenis pikiran. Salah satunya adalah pikiran bahwa kita punya banyak kekurangan. Bukan berarti kita harus menolak kekurangan itu, melainkan kita perlu menyadari kekurangan yang ada dan menjadikannya sebagai motivasi diri untuk selalu mencoba dan melakukan hal-hal baru untuk menjadi pribadi yang terus bertumbuh dan berkembang.

 

4. Perbanyak Pengalaman Melakukan Hal Baru

menahan emosi
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Raka Miftah from Pexels

Rasa minder kadang hadir karena kita merasa tidak mampu melakukan sesuatu dengan baik. Untuk meredakan rasa minder, kita bisa coba memperbanyak pengalaman mencoba hal-hal baru. Makin banyak pengalaman yang kita peroleh, kita bisa makin percaya diri. Pengalaman yang memperkaya jiwa bisa memudahkan kita untuk lebih berani tampil apa adanya.

5. Miliki Rutinitas yang Menyenangkan

tersenyum minum teh pagi hari
ilustrasi perempuan bahagia/TimeImage Production/Shutterstock

Memiliki keseharian atau rutinitas yang berisi hal-hal produktif dan bermanfaat bisa membuat kita merasa lebih nyaman dan bahagia. Saat kita punya rutinitas yang menyenangkan dan memberi kepuasan batin, kita tak akan lagi terpuruk dalam rasa minder lagi. Ketika diri kita bisa menghasilkan lebih banyak manfaat dan makna kepada orang lain, kita pun bisa makin nyaman menjadi diri sendiri.

Semoga ke depannya kita bisa lebih bahagia dan nyaman dalam menjalani hidup tanpa minder berlebihan, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela