8 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang dapat Menambah Uang Saku

Fimela Reporter21 Sep 2022, 10:35 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 10:36 WIB
Ilustrasi wanita bekerja

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang mahasiswa kamu pastinya memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan saat masih sekolah. Belum lagi kalau kamu mahasiswa rantau dan anak kost, pastinya kebutuhanmu akan tambah banyak.

Sayangnya, banyak mahasiswa bingung harus mencari tambahan uang saku dari mana untuk memenuhi semua kebutuhannya. Padahal banyak peluang bisnis yang cocok dijalankan oleh mahasiswa. Jadwal kuliah yang kadang tak padat bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menjalankan sebuah bisnis dan mendapatkan penghasilan.

Berikut adalah ide bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa agar mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Preloved

5 Hal yang Harus Dihindari saat Membeli Barang Preloved Fashion
preloved fashion. (Foto: Unsplash.com/Heather Ford).

Saat ini bisnis preloved sedang tren. Preloved merupakan aktivitas jual beli barang bekas yang masih memiliki nilai jual. Bisnis jual beli barang bekas ini memiliki peluang yang besar karena beberapa orang cenderung lebih memilih membeli barang-barang preloved karena harganya yang lebih murah. Kamu dapat memanfaatkan peluang bisnis ini jika memiliki barang-barang yang sedang tren dan banyak dicari orang. Kamu dapat memasarkan barang prelovedmu melalui sosial media. Kamu juga bisa bekerja sama dengan teman satu kampusmu untuk menjalankan bisnis preloved ini agar bisnis prelovedmu cepat berkembang.

2. Freelance Writer

Ilustrasi menulis, teks tanggapan
Ilustrasi menulis,(Foto oleh Judit Peter: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-menulis-di-notebook-di-samping-macbook-1766604/)

Apabila kamu memiliki skill menulis yang luar biasa, maka menjadi freelance writer adalah salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini mudah dikerjakan dan nyaris tanpa modal, sebab yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi. Di samping itu, bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu. Tulisan yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif semisal seperti cerpen, cerita bersambung, dan puisi.

3. Jasa Penerjemah

Ilustrasi mengetik
jasa penerjemah(sumber:Pixabay)

Untuk kamu mahasiswa bahasa asing atau yang memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus, kamu bisa menjadi penerjemah. Bisnis penerjemah banyak digeluti oleh mahasiswa karena bisnis ini tidak memerlukan banyak modal atau banyak peralatan. Untuk melakukan bisnis ini kamu hanya memerlukan kemampuan bahasa asing yang mumpuni serta peralatan untuk mengetik seperti gadget, laptop, atau komputer yang pada umumnya memang sudah dimiliki oleh mahasiswa.

4. Freelance Photographer

karakter zodiak
fotografi/Love Solutions/Shutterstock

Untuk kamu yang hobi fotografi mungkin kamu bisa mencoba menjadi freelance photographer. Peluang bisnis fotografi ini sangat luas karena saat ini banyak yang memerlukan jasa fotografer untuk mengabadikan momen-momen tertentu seperti pernikahan dan wisuda ataupun untuk keperluan bisnis seperti pembuatan foto produk. Untuk menjadi seorang freelance fotografer kamu hanya memerlukan kamera dan laptop untuk kebutuhan editing bila diperlukan.

5. Bisnis Pulsa Elektrik

Ilustrasi ponsel
ilustrasi smartphone.(Foto: Unsplash)

Saat ini smartphone dan internet menjadi hal utama dalam mununjang aktivitas kita sehari-hari. Apalagi mahasiswa sangat memerlukan smartphone dan internet untuk menunjang perkuliahan. Kebutuhan mahasiswa akan pulsa dan paket data dapat dijadikan ide bisnis karena bisnis pulsa elektrik tidak memerlukan modal yang besar. Selain mudah dilakukan, bisnis ini dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan apabila dikelola dengan baik.

6. Bisnis Snack Unik

ilustrasi snack/pexels
ilustrasi snack/pexels

Jualan camilan unik adalah salah satu bisnis dengan peluang yang besar bagi mahasiswa. Meskipun snack bukanlah salah satu kebutuhan pangan yang pokok, namun snack selalu dicari-cari semua orang. Bisnis snack unik ini tidak memerlukan modal yang besar. Kamu bisa menjual snack-snack unik seperti keripik kentang dengan berbagai rasa, macaroni pedas, cookies, dan lain-lain. Kamu bisa menjualnya langsung di kelas-kelas saat kuliah atau menjualnya melalui media sosial dan ecommerce.

7. Shoes Cleaner

3 Tips Mengikat Tali Sepatu Tanpa Diikat Agar Tetap Bergaya
ilustrasi sepatu. Credits: pexels.com by Karolina Grabowska

Sekarang banyak orang-orang yang menyukai sepatu-sepatu mahal. Hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk berbisnis yang cocok dijalankan oleh mahasiswa. Bisnis tersebut adalah shoes cleaner. Shoes cleaner saat ini banyak dicari orang-orang karena alasan kepraktisan. Banyak orang-orang yang tidak sempat mencuci sepatu mereka atau tidak tahu cara mencuci sepatu dengan baik, karena setiap jenis sepatu mungkin memiliki perwatan yang berbeda dan tidak boleh asal dicuci. Untuk itu bisnis sepatu ini sangat menjanjikan. Untuk bisa menjalankan bisnis ini dengan baik kamu bisa belajar di shoes cleaning yang lebih dulu sukses, atau bahkan di internet. Selain menyediakan jasa untuk mencuci sepatu, bahkan kamu juga bisa menjadi reseller dari produk-produk pembersih tersebut.

8. Jasa Titip

Grocery Shopping atau Window Shopping Bersama
Shopping. credit via shutterstock

Untuk kamu yang hobi ke mall atau hobi shopping, jasa titip akan jadi salah satu pilihan bisnis yang cocok untukmu. Jasa titip adalah bisnis yang menawarkan sebuah jasa kepada mereka yang ingin membeli suatu produk namun tidak bisa pergi ketempat yang diinginkan karena berbagai alasan tertentu. Umumnya, jasa titip dilakukan dengan promosi di media sosial. Biasanya jasa titip mengambil keuntungan Rp10.000,00 sampai Rp 30,000,00 per orang yang menitip dibelikan belanjaan.

Nah itu dia delapan ide bisnis yang bisa kamu lakukan sembari kuliah. Selain menambah uang saku menggeluti bisnis juga bisa menambah pengalamanmu.

 

Penulis: Diah Ayu

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela