5 Tanda Hidupmu Makin Bahagia dengan Membiasakan Diri Mandiri

Endah Wijayanti21 Sep 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 14:28 WIB
cinta ibu dan gaji pertama

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya ada banyak cara untuk bahagia. Bahkan tak harus sibuk menumpuk berbagai macam teori untuk bisa menemukan kebahagiaan. Kadang yang perlu kita lakukan adalah mencoba menerapkan kebiasaan baru untuk membantu kita raih kebahagiaan.

Salah satu kebiasaan yang bisa kita terapkan untuk hidup lebih bahagia adalah hidup mandiri. Membiasakan diri mandiri bisa membantu kita meraih hidup yang lebih bahagia. Bahkan kualitas hidup kita bisa membaik dengan kebiasaan hidup mandiri.

 

 

1. Berani Menjadi Diri Sendiri

surat ayah dan tanpa hadirmu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/shisukaa

"I like being a strong, independent woman, and to be honest, I was never afraid to be on my own." - Dido Armstrong

Saat kita berani menjadi diri sendiri dan terbiasa melakukan banyak hal secara mandiri, kebahagiaan bisa kita dapatkan dengan lebih mudah. Kita tak akan takut dikecewakan orang lain atau dibanding-bandingkan dengan orang lain. Sebab diri kita apa adanya sudah cukup dan berharga.

 

2. Punya Pandangan Positif soal Kehidupan

surat ayah dan titip rindu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kanyanat+Kasemsook

"It's important to be driven and have goals. You want an independent woman who knows what she wants and isn't afraid to go after it. It's attractive to me when a woman is doing what she loves. It makes me want to know more." - Apolo Ohno

Hidup tak selalu dihiasi dengan keberuntungan dan kebahagiaan. Ada kalanya ujian dan cobaan hidup membuat kita terjatuh dan terpuruk. Namun, selama kita punya pandangan positif soal kehidupan, maka kita akan selalu menemukan celah untuk bahagia. Saat meyakini hidup kita selalu layak untuk diperjuangkan dengan baik, kita bisa tetap semangat jalani hidup.

3. Bisa Mengubah Luka Menjadi Perubahan yang Lebih Baik

surat ayah dan berjauhan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/pixs4u

"A really strong woman accepts the war she went through and is ennobled by her scars." - Carly Simon

Kita pernah terluka dan tersakiti. Kadang sampai membuat kita kehilangan kepercayaan kepada orang-orang di sekitar kita atau merasa tak bisa mengandalkan orang lain lagi untuk membantu kita bahagia. Namun, saat kita bisa mengubah luka menjadi titik balik untuk perubahan yang lebih baik, kita tidak akan terpuruk terlalu lama dalam kesedihan. Kebahagiaan pun bisa kita raih kembali.

 

4. Mampu Berdamai dengan Rasa Takut

surat ayah dan kehebatannya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

"Nothing in life is to be feared, it is only to be understood. Now is the time to understand more, so that we may fear less." - Marie Curie

Membiasakan diri melakukan banyak hal sendiri membuat kita berdamai dengan rasa takut. Terbiasa melakukan banyak hal sendiri membantu kita untuk lebih menyadari bahwa ketakutan hadir untuk membuat kita lebih hati-hati dan mawas diri. Sehingga, saat kita memberanikan diri untuk melakukan banyak hal dengan mengandalkan diri sendiri, lebih mudah bagi kita untuk temukan kebahagiaan kita.

5. Mampu Menghadapi Masalah tanpa Membuatnya Makin Rumit

surat ayah dan mirip berdebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

"Life is really simple, but we insist on making it complicated." - Confucius

Terbiasa mandiri membantu kita untuk melihat permasalahan apa adanya. Tak membesar-besarkannya dan tak membuat hal yang sebenarnya sederhana menjadi rumit. Dengan begini, kita bisa lebih mudah menemukan kebahagiaan sebab tak banyak waktu yang terbuang untuk perkara yang bisa diselesaikan dengan cepat.

Semoga dengan kebiasaan hidup mandiri kita bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia dan bermakna lagi, ya Sahabat Fimela.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela