5 Cara Sederhana Ini Bisa Bantu Jernihkan Pikiran

Endah Wijayanti24 Sep 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 11:45 WIB
mengatasi galau

Fimela.com, Jakarta Saat sedang banyak pikiran, kita butuh waktu untuk rehat. Sebelum rasa tertekan dan stres makin intens, kita perlu melakukan sesuatu untuk jernihkan pikiran. Ada banyak hal yang bisa dicoba untuk bantu tenangkan diri kembali.

Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk bantu jernihkan pikiran dan tenangkan diri kembali. Cara-cara ini bisa dicoba untuk menstabilkan kembali suasana hati dan perasaan kita. Harapannya kita bisa meredakan stres dan dapat menjalani keseharian dengan lebih baik lagi.

1. Menulis Jurnal atau Buku Harian

menulis jurnal
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pondsaksit

Ketika sedang banyak pikiran, menuangkan isi hati dan perasaan dalam tulisan bisa bantu tenangkan diri. Saat semua yang kita rasakan tertuang dalam kata-kata, pikiran kita bisa lebih jernih lagi. Sebab kita tak lagi menanggung semuanya di dalam diri dan sudah menguraikannya dalam bentuk kata-kata yang melegakan hati dan perasaan.

2. Menatap Langit atau Pemandangan

gadis jalan kaki
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Sea_Ekaterina

Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Misalnya, menatap awan di langit atau melamun di balik jendela saat naik kendaraan umum. Kegiatan menatap langit atau pemandangan dengan lamat-lamat bisa hadirkan kedamaian di dalam batin kita. Pikiran pun jadi lebih jernih lagi.

 

 

3. Berlatih Box Breathing

meditasi
Harus tenang/Coyright unsplash.com/Andrea Piacquadio

Saatnya untuk kembali fokus dengan pernapasan. Saat pikiran sedang jenuh atau ruwet, cobalah box breathing. Lakukan latihan pernapasan dengan rasio 1:1. Maksudnya panjang tarikan napas sama dengan panjang embusan panas. Cara ini akan membantu kita mendapat lebih banyak oksigen dan menenangkan pikiran lebih baik lagi. Selain itu, manfaatnya juga bisa mengoptimalkan sistem saraf parasimpatetik yang bertangguang jawab atas istirahat dan pernapasan.

4. Menjauh Sejenak dari Situasi Pemicu Stres

tips sebelum yoga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/anontae2522

Ketika merasa stres dan kewalahan dengan masalah yang datang silih berganti, kita perlu waktu untuk menenangkan diri selama beberapa saat. Kita bisa menjauh sejenak dari situasi yang memicu stres dan rasa tertekan. Kadang untuk mengurai benang kusut di kepala, kita perlu memberi ruang yang lebih lapang untuk diri sendiri dalam mengisi ulang energi dengan cara ternyaman kita.

5. Jalan Kaki di Alam Terbuka

banyak jalan untuk kurangi stres
Aktivitas jalan kaki./Copyright shutterstock.com/g/DeanDrobot

Cobalah untuk berjalan kaki di alam terbuka. Kegiatan ini bisa bantu jernihkan pikiran. Melansir laman Lifehack.org, ada istilah "forest bathing" yang mengacu pada aktivitas jalan kaki di alam terbuka. Aktivitas jalan kaki ini bisa membantu kita terhubung dengan lingkungan sekitar kita sekaligus kembali terhubung dengan diri sendiri.

Semoga info ini bermanfaat. Kalau sudah merasa kewalahan dengan rasa tertekan atau stres, ada baiknya mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela