5 Tanda Sebenarnya Hidupmu Tidak Tertinggal dari Orang Lain

Endah Wijayanti28 Sep 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 11:15 WIB
perempuan dan minum teh

Fimela.com, Jakarta Ada yang bisa membuat pencapaian besar di usia tertentu. Ada juga yang sudah berhasil melakukan banyak hal di usia yang masih belia. Kalau melihat kehidupan orang lain, rasanya mereka semua melaju lebih cepat dari kita.

Hidup memang pada dasarnya bukan perlombaan. Masing-masing dari kita punya jalan dan kisah sendiri. Kalau kamu sering merasa hidupmu tertinggal dari orang lain, mungkin karena kamu melihatnya dari sudut pandang yang terlalu sempit. Kalau melihatnya dari sudut pandang yang lebih besar, sebenarnya hidupmu tidak tertinggal dari orang lain.

1. Kamu Punya Perjuanganmu Sendiri

perempuan dan minum teh buku
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Drazen+Zigic

Mengutip buku The Atlas of Happiness, salah satu cara untuk bahagia adalah dengan menghargai perjalanan kita: "Perjalananmu mungkin tidak sedramatis atau semulia perjalanan orang lain, tetapi ini adalah perjalananmu dan menerimanya dapat membantumu bergerak maju." Saat kamu memiliki perjuanganmu sendiri, maka sebenarnya kamu tak tertinggal dari orang lain. Sebab ada jalan dan tantangan tersendiri yang perlu kamu taklukkan dengan keberanian dan kekuatanmu sendiri.

2. Kamu Menikmati Setiap Proses

perempuan mandiri
ilustrasi perempuan minum teh/KaptureHouse/Shutterstock

Perjuangan yang kamu jalani saat ini memang berat. Namun, selama kamu masih bisa menikmati setiap prosesnya dan mensyukuri setiap langkah yang berhasil kamu lakukan, maka kamu tidak tertinggal dari orang lain. Ada kebahagiaan dan kepuasan batin tersendiri yang bisa kamu raih, dan ini sudah cukup membuktikan bahwa hidupmu punya jalur indahnya sendiri.

3. Kamu Tidak Banyak Mengeluh

perempuan dan minum teh duduk
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Dalam menjalani hidup ini kita perlu siap menerima dan menghadapi hal-hal yang kompleks. Ada hal-hal yang terjadi di luar harapan atau keinginan, tapi bukan berarti itu akan membuat kita tersesat selamanya. Justru ketika kita bisa menyikapinya dengan hati yang lapang dan tidak banyak mengeluh, jalan kita ke depannya bisa terasa lebih mudah dan lapang juga.

4. Kamu Bertanggung Jawab atas Pilihanmu

merenung sedih tangguh serius
ilustrasi perempuan minum teh kopi/Diana Grytsku/Shutterstock

Setiap pilihan yang kamu ambil kamu dasari dengan rasa tanggung jawab yang kuat. Kamu menyadari selalu ada konsekuensi atau tantangan yang menyertai setiap pilihan yang diambil, dan ketika kamu bisa bertanggung jawab untuk itu maka sebenarnya kamu sudah menjalani hidup terbaikmu. Setiap pilihan dalam hidup pada dasarnya akan memberi jalur dan arahan yang berbeda, sehingga ketika kamu merasa tertinggal dari orang lain yang terjadi sebenarnya adalah kamu berada di jalur yang berbeda dari orang lain.

5. Kamu Bisa Bahagia dengan Caramu Sendiri

perempuan dan minum teh masa lalu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/K-Angle

Orang lain berhak bahagia dengan pencapaian dan kesuksesannya sendiri. Begitu pula dirimu yang juga berhak dengan perjalanan hidupmu sendiri. Selama kamu bisa bahagia dengan caramu sendiri, maka kamu bisa menjalani hidup yang lebih bermakna. Hidupmu tidak pernah tertinggal dari orang lain sebab kamu masih bisa menikmati keindahan hidup dengan caramu sendiri.

Tetap semangat melangkah ke depan jalani hidup, ya. Hidupmu ini berharga dan masih serta akan selalu layak untuk diperjuangkan.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela