5 Cara Menciptakan Kondisi Nyamanmu Sendiri sebagai Perempuan Mandiri

Endah Wijayanti02 Okt 2022, 07:15 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 07:15 WIB
perempuan dan membawa buku

Fimela.com, Jakarta Saat membandingkan diri sendiri dengan orang lain, akan selalu ada yang tampak lebih bahagia, lebih indah, dan lebih baik dari diri kita. Selain itu, ada juga yang mungkin menganggap hidup kita mudah tanpa tahu betapa beratnya perjuangan yang harus kita jalani sendiri. Perkara membandingkan kehidupan memang bisa membuat kita merasa tak nyaman.

Daripada menghabiskan banyak waktu dan energi membuat perbandingan atau memikirkan perbandingan, mending kita menciptakan kondisi nyaman kita sendiri dalam hidup. Apalagi bila kita ingin berupaya menjadi perempuan yang lebih mandiri, maka kita perlu berusaha lebih baik fokus menjalani hidup sendiri dengan lebih bermakna. Untuk mendapat ketenangan, ada sejumlah cara yang bisa kita coba untk mewujudkannya.

 

1. Menciptakan Rutinitas yang Produktif

perempuan dan kehidupan mandiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

“Yesterday I was clever, so I wanted to change the world. Today I am wise, so I am changing myself.”― Rumi

Agar tidak ada waktu untuk membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain, kita bisa menyibukkan diri dengan rutinitas kita sendiri. Kita bisa membuat jadwal bekerja hingga waktu istirahat yang cukup untuk kita. Dengan begini, kita bisa menjalani keseharian dengan kepuasan batin yang lebih nyaman.

 

2. Tekuni Bidang yang Disukai

perempuan mandiri dan tangguh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/jidpipat_photo

“Don't think about making life better for other people who don't even deserve you, rather, focus on making your life the best, for yourself and those who love you.”― C. JoyBell C.

Apa bidang yang paling kamu sukai? Hal apa yang membuatmu bisa merasa paling bersemangat dan antusias melakukannya? Cobalah untuk menekuni atau mendalaminya. Bisa menekuni sesuatu yang disukai bisa menghadirkan pencapaian tersendiri dalam hidup dan membuat kita punya pandangan yang lebih positif tentang kehidupan.

3. Luangkan Waktu Khusus untuk Rehat

perempuan tabah sabar mandiri dewasa santai
ilustrasi merenung sedih/atiger/Shutterstock

“If you feel lost, disappointed, hesitant, or weak, return to yourself, to who you are, here and now and when you get there, you will discover yourself, like a lotus flower in full bloom, even in a muddy pond, beautiful and strong.”― Masaru Emoto, Secret Life of Water

Di tengah semua kesibukan dan dinamika kehidupan yang terasa begitu cepat, kita butuh waktu dan ruang untuk rehat sejenak agar tidak gampang stres atau tertekan jalani keseharian. Hati yang tenang bisa hadir saat kita bisa menyeimbangkan aktivitas kita dengan baik. Serta tidak membuang-buang waktu membandingkan diri dengan orang lain.

 

 

 

 

4. Terima Ketidaksempurnaan Diri

bahagia mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan mandiri dewasa/mentatdgt/Shutterstock

“I am only one, but I am one. I cannot do everything, but I can do something. And because I cannot do everything, I will not refuse to do the something that I can do.”― Edward Everett Hale

Tidak semua hal bisa kamu lakukan, dan itu adalah hal yang manusiawi. Terima dan berdamailah dengan ketidaksempurnaan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih nyaman menjadi diri sendiri. Saat sudah nyaman menjadi diri sendiri, ketenangan hati pun bisa tercipta dengan sendirinya juga.

5. Kurangi Rasa Iri atau Cemburu

mandiri tegar bahagia
ilustrasi perempuan dewasa/Olena Hromova/Shutterstock

“We don't realize that, somewhere within us all, there does exist a supreme self who is eternally at peace.”― Elizabeth Gilbert, Eat, Pray, Love

Ada orang lain yang hidupnya tampak lebih mudah, tak perlu merasa iri atau cemburu dengan kehidupannya. Ada yang bisa mendapatkan sesuatu dengan begitu cepat, mungkin memang itu adalah waktu yang paling tepat untuknya. Tak perlu merasa iri atau cemburu dengan hal-hal yang dimiliki atau diperoleh orang lain. Dengan begitu, hati pun bisa lebih tenang lagi.

Semoga ke depannya kita bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih tenang dan bahagia lagi, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela