5 Ciri Perempuan Tegar yang Bisa Melewati Masa Sulit yang Ada

Endah Wijayanti29 Sep 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 11:00 WIB
perempuan sejahtera

Fimela.com, Jakarta Fase atau masa sulit tak selalu bisa dihindari. Kadang cara terbaik menyikapinya adalah dengan menghadapinya sekuat mungkin. Bahkan kadang masa sulit memunculkan kekuatan dari dalam diri yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Diri kita yang apa adanya ini bisa jadi justru punya jiwa yang tegar. Di dalam diri kita sebenarnya sudah ada kemampuan untuk melewati masa sulit yang ada. Selengkapnya, simak tanda-tandanya di bawah ini.

 

 

1. Memahami Cara Mengelola Stres yang Tepat

perempuan dan menjaga kewarasan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lookstudio

Kamu sudah punya cara sendiri dalam mengelola dan mengatasi stres yang kamu rasakan. Mengutip buku How to Love, manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Tiap individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri. Caramu mengatasi stres bisa berbeda dari orang lain, dan itu hal yang sah saja. Selama kamu tahu metode atau mekanisme terbaik untuk mengelola stres dan perasaanmu, maka kamu bisa melewati masa sulit yang ada.

 

 

2. Tidak Berlebihan dalam Mengeluh

perempuan dan bangkit dari gagal
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Wajar jika sesekali mengeluh atas hal atau masa sulit yang dihadapi. Mengeluh hanya untuk melepas sedikit beban mungkin boleh. Tapi jangan sampai berlebihan. Mengutip buku Happiness Inside, komplain dan kebahagiaan seperti terang dan gelap, keduanya tidak mungkin hadir berbarengan. Ketika komplain hadir, kebahagiaan bisa menghilang dan memudar. Saat dirimu bisa mengurangi kebiasaan mengeluh, maka dirimu bisa jadi pribadi yang lebih kuat dan bahagia.

 

 

3. Bisa Fokus dengan Perjalanan Hidup Sendiri

perempuan dan ekspektasi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lookstudio

Mengutip buku The Atlas of Happiness, salah satu cara untuk bahagia adalah dengan menghargai perjalanan kita: "Perjalananmu mungkin tidak sedramatis atau semulia perjalanan orang lain, tetapi ini adalah perjalananmu dan menerimanya dapat membantumu bergerak maju." Saat kamu bisa mengapresiasi kehidupan dan perjalananmu sendiri, maka kamu akan selalu menemukan kekuatan baru dalam menghadapi masa sulit atau fase berat hidup.

 

 

4. Berpikiran Terbuka untuk Lebih Fokus pada Hal Baik

perempuan dan bekerja produktif
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Kamu mungkin masih sering gagal dalam mengatur perasaan. Tapi selama kamu masih bisa mengupayakan cara berpikir untuk fokus pada hal-hal baik dari setiap kejadian, maka kamu akan selalu menemukan kekuatan untuk bertahan di masa sulit. Cara berpikir yang terbuka bisa membantumu agar terhindar dari stres berlebihan.

 

 

5. Memiliki Cara Sederhana untuk Membahagiakan Diri Sendiri

perempuan dan pikiran saat bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Selama masih bisa mengupayakan kebahagiaan sendiri, maka dirimu bisa menjadi perempuan yang tegar dan kuat. Hal-hal sederhana dan kecil yang bisa diupayakan untuk membuatmu bahagia bisa jadi sumber kekuatan. Sumber kekuatan baru ini akan selalu memudahkanmu untuk bisa bertahan dan berjuang di tengah masa sulit yang ada.

Semoga ke depannya kamu selalu bisa mengatasi dan melewati masa sulit yang ada. Sebab dari setiap ujian dan cobaan kehidupan, ada pelajaran penting yang bisa mendewasakan kita.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela