5 Tanda Dirimu Bisa Bangkit dari Titik Terendah Hidupmu

Endah Wijayanti29 Sep 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 12:00 WIB
perempuan dan mencari cinta

Fimela.com, Jakarta Titik terendah dalam hidup bisa membuat kita seakan terjebak di dasar lubang yang gelap gulita. Rasanya sudah tak ada tenaga untuk meraih cahaya. Serta seakan sudah tak ada pertolongan yang bisa didapatkan.

Namun, hidup memang bisa berjalan dengan cara yang tak pernah kita duga. Kadang di satu fase kita dihadapkan pada titik terendah dalam hidup. Agar dengan demikian, kita bisa menemukan kekuatan baru untuk berjalan. Di dalam diri kita pun ada potensi untuk bisa bangkit dari titik terendah hidup.

 

 

1. Masih Memilih untuk Melanjutkan Hidup

perempuan cantik
ilustrasi perempuan bahagia/Farknot Architect/Shutterstock

Saat kita sudah membuat pilihan untuk melanjutkan hidup, maka kekuatan baru bisa kita peroleh untuk membantu kita bangkit. Henri Bergson, seorang filsuf Prancis punya nasihat menarik, yaitu, "Manusia tidak cukup sadar bahwa masa depan berada di tangan mereka sendiri. Tugas mereka pertama-tama adalah menentukan apakah mereka ingin melanjutkan hidup atau tidak. Lalu mereka harus menentukan apakah ingin sekadar hidup ataukah melakukan upaya lebih keras untuk memenuhi peran yang esensial dari alam semesta." Nasihat menjadi pengingat kita bahwa selama kita masih memilih untuk melanjutkan hidup, semesta akan senantiasa melindungi kita.

 

 

 

 

2. Tidak Menyalahkan Keadaan Apa pun

perempuan bahagia ramah tersenyum tenang damai
ilustrasi santai/violetblue/Shutterstock

“Your own life struggles are enough to motivate you.”― Sonal Takalkar

Selama dirimu bisa menerima kenyataan atau realitas dengan hati yang ikhlas, maka akan selalu ada peluang untukmu bisa bangkit dan melangkah lagi. Tanpa menyalahkan keadaan apa pun, kamu akan menemukan kekuatan untuk bertahan di masa sulit yang kini sedang dihadapi. Sebab kamu membuka dirimu untuk menyambut hal-hal baru yang bisa dicoba lagi.

3. Masih Memiliki Pegangan Hidup

perempuan manis
ilustrasi perempuan bahagia/copyright by Farknot Architect (Shutterstock)

Saat kita tak tahu harus berbuat apa atau harus mengeluh kepada siapa, biasanya kita perlu kembali pada pegangan hidup terkuat yang kita miliki. Titik terendah dalam hidup bisa membuat kita tak berdaya. Namun, selama kita bisa menghadirkan kembali pegangan hidup, maka kita pasti bisa melewati masa sulit yang ada.

 

 

 

 

4. Masih Menyadari Hidup Terus Berputar

perempuan kalem tenang di taman bunga
ilustrasi tersenyum manis bahagia/HUIZENG/Shutterstock

“Sometimes when hardships knock, it’s just life. Do not take it personal.”― Naide P Obiang

Kini berada di titik terendah, tapi suatu saat nanti bisa mencapai titik yang lebih baik. Walau ada hal-hal yang tak berjalan sesuai rencana, tapi kita akan selalu bisa bertahan melewati masa sulit ketika kembali mengingatkan diri bahwa hidup terus berputar. Ada optimisme yang masih dijaga di dalam diri bisa jadi bukti dirimu akan selalu bisa bangkit lagi dari tiap kegagalan yang ada.

5. Mampu Mengambil Hikmah Terbaik dari Setiap Kejadian

santai tenang mencintai diri sendiri minum kopi
ilustrasi perempuan mandiri bahagia/Prostock-studio/Shutterstock

“Be proud of struggles in your life. They bring you closer to greatness.”― Oscar Auliq-Ice, The Secret of Greatness

Selama kamu masih bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari tiap kejadian, maka kamu pasti bisa bangkit lagi dari titik terendah. Kesulitan dan perjuangan hidup pada dasarnya akan mendewasakanmu. Dari titik terendah hidup, selalu ada pelajaran yang bisa bantu menguatkan jiwa kembali.

Semoga dirimu senantiasa dianugerahi hati yang lebih kuat dan tegar dalam menjalani hidup, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela