6 Keterampilan Sosial yang akan Membantumu Mencapai Kesuksesan

Gayuh Tri Pinjungwati02 Okt 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 08:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Keterampilan dan kerja keras adalah salah satu hal yang dapat membantumu untuk mencapai keberhasilan dalam hidup. Komunikasi adalah salah satu aspek terpenting yang akan membantumu sukses dalam jangka panjang. Ketika kamu dapat mengomunikasikan ide, pendapat, dan kemampuan kreatif secara efektif, hal itu secara otomatis menempatkanmu pada posisi di mana kamu dapat unggul di tempat kerja.

Nah, berikut ini adalah beberapa keterampilan sosial yang akan membantumu menaiki tangga kesuksesan secara efektif. Seperti apa? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Dengarkan yang lain

Jangan hanya terus berbicara dan menyampaikan pandanganmu. Dengarkan orang lain karena tidak hanya itu hormat tetapi juga dapat banyak membantumu. Mendengarkan akan membantumu terbuka terhadap pendapat dan pandangan baru.

Minta bantuan

Ketika kamu meminta bantuan dari orang lain, kamu membuka diri untuk orang lain. Dan ini adalah keterampilan sosial yang hebat yang akan membantumu sukses dalam jangka panjang. Dengan cara ini kamu membiarkan diri sendiri menjadi rentan di depan orang lain.

Melakukan komunikasi dua arah

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/wxin

Tidak bergiliran saat berbicara dapat mengubahmu menjadi orang yang menyebalkan. Jika kamu memotong orang lain saat mereka mencoba berbicara, orang tidak akan menghormatimu. Mereka bahkan mungkin tidak akan mencoba berbicara denganmu nanti jika kamu terus memotong pembicaraan orang lain.

Bertanggung jawab atas apa yang kamu katakan

Berhati-hatilah dengan hal-hal yang kamu katakan kepada orang lain. Berhati-hatilah dan jangan terus mengatakan hal-hal tidak masuk akal yang mungkin menyinggung seseorang. Dan jika kamu akhirnya mengatakan sesuatu secara tidak sengaja, ambil tanggung jawab untuk itu dan minta maaf.

Mengikuti aturan

Melanggar aturan dan berjalan di jalan yang belum pernah dilakukan sebelumnya dapat membuatmu keluar dari lingkaran sosial. Jika kamu cukup kuat untuk bertahan dalam kesendirian, maka lanjutkan. Tetapi jika kamu mencari bersosialisasi sebagai cara untuk mencapai kesuksesan, maka mengikuti aturan, sama seperti semua orang mungkin merupakan ide yang bagus.

Lakukan hal-hal baik untuk orang lain

Tidak ada salahnya kamu melakukan hal-hal baik untuk orang lain. Pujilah seseorang untuk membuat hari mereka atau memberi hadiah kepada temanmu jika mereka mengalami masa-masa sulit. Hanya saja, jangan selalu jahat pada seseorang.

Nah, kesuksesan seseorang tidak hanya diukuran dari prestasi yang mereka dapatkan, tetapi juga dapat dinilai dari bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela