5 Cara Menjadi Seorang yang Ekstrovert Tanpa Kehilangan Siapa Dirimu

Vania Al kautsar03 Okt 2022, 11:23 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 11:23 WIB
Terlalu Banyak Basa-Basi

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki sifat introvert dan ekstrovert, setiap kepribadian tersebut juga memiliki berbagai karakteristik unik yang membawa nilai kerja maupun lingkungan sosial seseorang. Pernahkah kamu berada di suatu lingkungan baru dan merasakan kesenangan atau merasa tak nyaman?

Ekstrovert pada seseorang memiliki pertanda bahwa dia dapat menikmati situasi sosial, dimana mereka akan ramah, positif, dan percaya diri secara sosial. Sedangkan seseorang yang introvert biasanya akan jauh lebih pendiman dan sulit untuk berada lingkungan sosial.

Seseorang yang introvert biasanya akan jauh lebih membutuhkan banyak waktu sendirian untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Pernah mencoba ingin menjadi seseorang yang kestrovert? Yuk coba berbagai cara di bawah ini:

1. Menetapkan Tujuan dan Keinginan

Kebiasaan Buruk Ingin Selalu Didengarkan
Ilustrasi Berbicara Credit: pexels.com/fauxels

Menetapkan tujaun yang spesifik maupun keinginanmu dapat membuat lebih percaya diri seperti beberapa hal di bawah ini:

  • Berdiskusi dengan rekan kerja sebelum pulang.
  • Tersenyumlah dengan setiap orang ketika bertemu.
  • Makan bersama atau mengikuti beberapa kegiatan di suatu lingkungan.

2. Melatih Keterampilan Berbicara

Ilustrasi latihan bicara pidato
Ilustrasi/Copyright shutterstock/Chaay_Tee

Berbicara dengan orang asing tentu akan sulit sekali bagaimana cara kita memulainya dengan topik pembicaraan. Kamu dapat memulainya dengan menanyakan kabar atau mungkin mencari topik dengan berita terkini. Cobalah untuk memilih seseorang yang belum pernah kamu ajak bicara atau mungkin seseorang yang jarang kamu jumpai.

3. Jangan Gunakan Ponsel Saat Berbicara

perempuan zodiak pegang hp
Ilustrasi/Shutterstock.com/wee dezign

Fokus pada bersosialisasi daripada melihat layar ponsel terus menerus, jika kamu selalu membuka ponsel membuatmu terlihat tertutup dan tidak tertarik dengan percakapan. Cobalah untuk terlibat dengan seseorang saat berbicara denganmu, mulai dengan perkenalan diri atau menanyakan kabar.

4. Tetap Semangat dan Gembira

teman sahabat
ilustrasi sahabat perempuan/copyright by Tirachard Kumtanom (Shutterstock)

Tunjukanlah kegembiraan saat kamu berada di suatu lingkungan, terutama saat berinteraksi dengan seseorang mulailah dengan terlihat ramah dan menunjukkan minat yang tulus. Mempertahankan sikap positif biasanya akan membuat orang lain merespons hal yang sama.

5. Belajar dengan Menonton Orang Ekstrovert

nonton film di rumah
ilustrasi nonton film/The_Molostock/Shutterstock

Menyaksikan seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert, atau kamu dapat menontonnya di youtube atau mengikuti seminar. Lihatlah bagaimana cara dia mengekspresikan wajah, gerakan tubuh, serta topik yang sedang dibicarakan. Mungkin kamun akan mendapatkan banyak tips yang berguna.

Menjadi kepribadian ekstrovert terkadang akan cukup sulit, tetapi hal ini dapat membuat kamu melihat bagaimana cara berkomunikasi atau bersosialisasi dengan seseorang dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela