5 Cara Membuat Hidupmu Lebih Indah meski Belum Sesuai Impian

Endah Wijayanti03 Okt 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 14:15 WIB
perempuan sulung

Fimela.com, Jakarta Hidup masih belum sesuai impian? Tak apa. Dalam hidup ini, kita memang akan dihadapkan pada hal-hal yang kadang jauh dari rencana dan harapan. Bahkan sesuatu yang kita perjuangkan pun ada yang tak berbuah manis.

Masih ada banyak cara yang bisa dicoba dan dilakukan untuk membuat hidup tampak lebih indah. Walau belum sesuai impian, hidup kita bisa dijalani dengan baik. Kita pun bisa mengupayakan kebahagiaan-kebahagiaan baru dalam hidup. Caranya dapat melalui sejumlah hal sederhana berikut ini.

 

 

1. Tetap Tekuni Hal yang Disukai

perempuan dan bunga bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Punya hal, kegiatan, hobi, atau rutinitas yang disukai? Tetap tekuni dan lakukan sesuai kebutuhan dan kenyamanan diri. Bisa melakukan sesuatu dalam hidup bisa membaut hidup kita terasa lebih bermakna, dan hal ini pun memudahkan kita untuk menemukan keindahan-keindahan baru dalam hal yang kita lakukan.

 

 

2. Syukuri Semua yang Masih Bisa Dirasakan Indra Kita

cantik bahagia kulit halus baju kuning
ilustrasi perempuan tersenyum/metamorworks/Shutterstock

Semua yang masih bisa kita lihat, sentuh, rasakan, hirup, dan dengar saat ini bisa kita syukuri apa adanya lebih dulu. Walau ada impian yang belum terwujud, tapi ada kenyataan pada masa kini yang membuat kita berada di titik ini. Hal itu pun sudah menjadi sebuah pencapaian sendiri. Bisa bertahan dan berjuang sampai sekarang sudah menjadi hal luar biasa, dan ini perlu kita syukuri apa adanya.

 

 

3. Berdamai dengan Ketidakpastian Hidup

perempuan baju merah
ilustrasi tawa bahagia/copyright by Look Studio (Shutterstock)

Menghadapi ketidakpastian bisa membuat kita mudah cemas. Kita pun jadi mudah merasa gelisah dan gusar. Apalagi kalau sudah sering membuat ragam rencana dan berjuang mewujudkan impian-impian besar, tapi ketika hasilnya tak sesuai harapan, rasanya kita jadi enggan dan takut untuk melangkah lagi. Di sini kita perlu berdamai dengan ketidakpastian itu sebab kita sebagai manusia juga punya keterbatasan, dan ini adalah hal yang manusiawi.

 

 

4. Ambil Sisi Baik dari Situasi yang Ada

bahagia mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan mandiri dewasa/mentatdgt/Shutterstock

Tiap pengalaman dan perjalanan selalu menghadirkan hikmah dan pelajaran. Kemampuanmu untuk bisa mengambil sisi baik dari segala sesuatu bisa membuatmu lebih mudah bahagia. Saat pikiran kita sudah bisa lebih fokus pada hal baik, maka kebahagiaan dari hal-hal baik juga bisa datang dengan lebih mudah.

 

 

5. Atur Ulang Prioritas Hidup

tertawa cantik percaya diri
ilustrasi perempuan bahagia/Look Studio/Shutterstock

Walau ada impian yang belum terwujud, tapi kita masih punya kendali dalam memberi respons terhadap realitas yang ada. Di sini kita bisa mengatur ulang prioritas hidup. Kalau memang ada pilihan atau jalan hidup yang perlu diubah, kita bisa mengupayakannya. Mengubah prioritas hidup bisa membantu kita untuk menentukan langkah berikutnya dalam hidup demi masa depan yang lebih baik.

Semoga ke depannya hidupmu bisa lebih indah dan bahagia lagi, ya. Terima kasih atas semua perjuangan yang sudah dilakukan hingga hari ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela