5 Ciri Perempuan Cerdas di Balik Dirinya yang Tenang

Endah Wijayanti04 Okt 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 14:45 WIB
perempuan dan menjalani hidup

Fimela.com, Jakarta Seberapa cerdas dirimu saat ini? Terlepas dari nilai akademis atau tolak ukur IQ, kita selalu punya kesempatan dan peluang untuk menjadi pribadi yang senantiasa bertumbuh dan berkembang jadi versi diri yang lebih baik dari waktu ke waktu. Kalau kecerdasan didefinisikan sebagai adanya kemauan untuk terus belajar, maka di dalam diri kita ada potensi untuk itu.

Di balik pribadimu yang sering dikenal sebagai sosok yang tenang, ada kecerdasan yang kamu miliki. Perempuan cerdas umumnya memiliki sejumlah kebiasaan positif dalam kesehariannya, seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini yang menjadi ciri khas rutinitasnya.

 

 

1. Menganggap Aktivitas Membaca sebagai Kebutuhan

childhood dan majalah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/KiattisakLamchan

Aktivitas membaca tak terbatas hanya membaca buku tertentu saja. Melainkan membaca berbagai hal yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta menunjang perkembangan diri. Saat dirimu punya kebiasaan membaca yang rutin, itu baik. Kalaupun belum, masih bisa dimulai dengan membaca hal-hal yang disukai. Untuk bisa menjadi cerdas perlu membuka diri memelajari hal-hal baru, dan ini bisa dilakukan melalui membaca.

 

 

 

2. Bisa Mengelola Waktu dengan Baik

childhood dan rumah pohon
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Day2505

Karena menyadari waktu sangat berharga, kamu selalu berusaha mengelola waktu dengan baik. Saat kamu sudah bisa mengatur waktu dengan lebih seimbang untuk berbagai aktivitas hingga waktu istirahat yang cukup, kamu bisa membuat hidupmu jadi terasa lebih berharga. Hal-hal produktif yang kamu lakukan pun bisa makin mengasah kecerdasan yang kamu miliki.

 

 

3. Punya Gairah Menekuni Sesuatu

childhood dan desa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Danai+J

Saat kamu punya hal untuk ditekuni, kamu punya potensi untuk menjadi perempuan yang lebih berdaya. Apalagi bila kamu bisa terus mengoptimalkan potensi diri dalam menekuni hal yang kamu sukai tersebut, maka kamu bisa terus berkembang jadi perempuan yang makin cerdas. Mampu mengenali diri dan memaksimalkan kelebihan yang dimiliki membentukmu jadi perempuan cerdas serta lebih mandiri.

 

4. Memiliki Gaya Berpikir Adaptif

childhood dan masa panen
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/chanchai+duangdoosan

Ada beberapa gaya berpikir yang membantu kita menjalani hidup dengan lebih baik. Salah satunya adalah gaya berpikir adaptif. Mengutip buku Merawat Luka Batin, gaya berpikir yang adaptif bertujuan untuk menerima kesulitan dan memungkinkan kita untuk menghadapi masalah dengan lebih efektif. Saat kamu bisa memiliki gaya berpikir yang adaptif, kamu bisa lebih mudah mengelola stres yang kamu rasakan tiap kali menghadapi masalah, dan hal ini bisa menjaga mentalmu lebih kuat.

5. Ada Empati yang Tinggi dalam Dirimu

childhood dan tiga sahabat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/kasipat

Saat kamu masih bisa berempati pada orang lain, ada kecerdasan yang sebenarnya kamu miliki sejak dulu. Melansir laman Bustle, empati merupakan pemahaman dan bagian dari kecerdasan kognitif. Jadi, semakin tinggi tingkat empati seseorang maka ada kemungkinan semakin tinggi pula kecerdasannya.

Itu tadi lima ciri perempuan cerdas di balik pribadinya yang tenang versi Fimela. Apakah kamu salah satunya?

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓