5 Kelebihan Perempuan yang Terbiasa Hidup dari Hasil Jerih Payah Sendiri

Endah Wijayanti04 Okt 2022, 16:44 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 16:44 WIB
aku uang dan jatuh bangun bisnis

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu termasuk perempuan yang terbiasa hidup dari jerih payah sendiri? Bekerja, memiliki penghasilan sendiri, dan memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus selalu bergantung pada orang lain bisa membentukmu jadi perempuan yang lebih kuat. Walau ada hal-hal yang terasa lebih berat untuk diperjuangkan sendiri, tapi terbiasa hidup dari jerih payah sendiri membentuk kepribadianmu jadi lebih tangguh.

Perempuan yang terbiasa hidup mandiri bisa memiliki sejumlah kualitas diri yang positif. Berikut ini lima kelebihan yang umumnya dimiliki perempuan yang terbiasa hidup dari jerih payahnya sendiri. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Punya Rasa Percaya Diri yang Tinggi

aku uang dan perempuan santai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tong_stocke

Melansir laman shethepeople.tv, mandiri secara finansial tak hanya memberi kita rasa kepuasan, melainkan juga membantu kita membangun moral yang sehat. Hal ini bisa memengaruhi cara kita dalam membuat pilihan hidup secara mandiri dan lebih bertanggung jawab. Tiap kali kita berhasil membuat pencapaian baru atau memperbaiki kualitas hidup dengan pilihan yang dibuat, rasa percaya diri pun ikut meningkat.

 

 

2. Lebih Tenang Hadapi Masalah Baru

aku uang dan ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

Terbiasa hidup dari jerih payah sendiri membuatmu paham betul cara berjuang dan bertahan hadapi berbagai persoalan hidup. Dari berbagai pengalaman menangani berbagai persoalan dan menaklukkan tantangan hidup, kamu pun bisa lebih tenang tiap kali ada hal baru yang perlu diatasi atau dihadapi. Terbentuknya mental yang kuat ini juga membuatmu tidak gampang panik hadapi hal-hal yang terjadi di luar dugaan.

 

 

3. Punya Lebih Banyak Cara untuk Bahagia

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Beratnya perjuangan dan kerja keras bisa membuatmu memahami bahwa untuk bahagia memang perlu diusahakan sendiri. Saat kita terbiasa mencukupi kebutuhan sendiri, maka kita bisa menemukan lebih banyak cara bahagia untuk diri kita sendiri. Mengutip buku The Psychology of Money, "Kebahagiaan adalah subjek rumit karena semua orang berbeda. Namun, jika ada kesamaan umum di kebahagiaan (bahan kebahagiaan universal) itu adalah bahwa orang ingin memegang kendali atas hidupnya." Terbiasa hidup dari hasil jerih payah sendiri membuat kita memiliki kendali atas bagaimana pendapatan yang kita punya kita belanjakan dan manfaatkan, dan hal ini bisa menciptakan kepuasan batin yang mengarah pada kebahagiaan untuk diri sendiri.

 

4. Bisa Mengelola Stres dengan Lebih Baik

aku uang dan soal bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/mentatdgt

Terbiasa memiliki penghasilan sendiri dari hasil jerih payah sendiri membuat kita terbiasa menyiapkan anggaran-anggaran untuk pos-pos pengeluaran sesuai kebutuhan. Kemampuan mengatur dan mengelola ini juga bisa memengaruhi cara kita mengelola stres. Saat sudah terbiasa membuat rencana hidup yang lebih tertata, maka kemampuan dalam mengelola stres pun bisa ikut membaik.

5. Memiliki Empati yang Tinggi

sahabat makin dewasa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/interstid

Kebiasaan bekerja keras dalam hidup menyadarkan kita bahwa hidup pada dasarnya adalah perjuangan. Tiap orang pun punya perjuangan dan persoalan beratnya masing-masing. Dari pengalaman bekerja keras dan hidup mandiri, kita bisa lebih berempati pada orang-orang di sekitar kita dan berpikiran lebih terbuka pada tiap permasalahan dan perjuangan orang lain. Empati yang tinggi pun membuat pribadimu jadi lebih bijak dan dewasa.

Terima kasih sudah berusaha menjadi perempuan yang senantiasa kuat dan berdaya. Pengalaman hidup dengan hasil jerih payah sendiri pada dasarnya dapat menempa mentalmu jadi lebih kuat lagi.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela