Sukses

Lifestyle

4 Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Islam untuk Peringati Maulid Nabi

Fimela.com, Jakarta Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang cukup istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Ini mengingat di bulan ini ada satu peristiwa paling bahagia yang diperingati setiap tahunnya. Peristiwa itu adalah peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW dan diperingati sebagai Maulid Nabi. Mengutip dari laman nu.or.id, memperingati Maulid Nabi memiliki hukum sunah. Karena ini bertujuan untuk meneladani beliau dan bershalawat ke atasnya.

Pada tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022, dan untuk memperingatinya umat Islam dianjurkan untuk melakukan sejumlah amalan. Melakukan dan memperbanyak amalan-amalan ini sebagai salah satu cara untuk meneladani Rasulullah, mengharap syafaatnya dan mendapat pahala dari Allah SWT. Adapun amalan yang sebaiknya diperbanyak di Maulid Nabi antara lain sebagai berikut:

Bersedekah

Amalan pertama yang sebaiknya diperbanyak adalah bersedekah. Sebenarnya bersedekah tak hanya bisa dilakukan saat Maulid Nabi atau hari-hari besar dalam Islam lainnya, tapi sedekah sebaiknya dilakukan sesering mungkin sesuai dengan kemampuan kita. Bersedekah tak hanya mendatangkan pahala berlipat ganda tetapi juga meningkatkan kesabaran, rasa syukur dan rasa peduli ke sesama. Ini juga melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih murah hati. 

Berdzikir

Amalan selanjutnya adalah berdzikir pada Allah SWT. Berdzikir adalah salah satu cara untuk lebih dekat dengan sang pencipta. Berdzikir juga menjadi salah satu cara untuk menjadi pribadi yang lebih beriman dan bertaqwa.

Bershalawat

Bershalawat sebaiknya juga diperbanyak untuk memperingati Maulid Nabi. Kamu bisa bershalawat kapan saja. "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al Ahzab: 56).

Meneladani Sunah Rasul

Amalan selanjutnya adalah meneladani sunah Rasul. Cobalah untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan sunah Rasul dan anjuran dalam Al–Quran. Karena sebaik-sebaik sikap dan perbuatan adalah yang sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah dan diperintahkan dalam Al-Quran. 

Itulah sedikitnya empat amalan yang sebaiknya diperbanyak untuk memperingati Maulid Nabi. Bagi kamu yang beragama Islam, selamat menyambut hari istimewa yakni hari Maulid Nabi atau lahirnya Nabi Muhammad SAW ke dunia. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading