5 Cara Mengatur Waktu dengan Baik dan Bijak

Vania Al kautsar06 Okt 2022, 09:23 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 09:29 WIB
perempuan berhasil

Fimela.com, Jakarta Memiliki manajemen waktu yang baik tentu dapat mengetahui kemampuan serta porsi dalam melakukan suatu hal. Ternyata manajemen waktu yang baik dapat mengurangi keresahan serta stress yang dialami sehari-hari.

Waktu tentu akan berlalu selalu, hal ini membuat seseorang merasa kesulitan dalam mengatur waktu dengan baik. Dalam lingkungan pekerjaan sangat dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tepat.

Seringkali kita memiliki manajemen waktu yang tidak baik dalam sehari-hari, hal ini terkadang akan sulit untuk mencapai tujuan yang diinginkan. nah, untuk itu sangat penting untuk memiliki manajemen waktu dengan baik seperti di bawah ini:

1. Menetapkan Batasan Waktu

serius cerdas bekerja dewasa
ilustrasi perempuan berkacamata/Amnaj Khetsamtip/Shutterstock

Menetapkan batasan waktu untuk suatu tuga tentu akan menyenangkan, jika kamu dapat menyelesaikan pekerjaan yang penting terlebih dahulu tentu dapat mengatur waktu lebih baik selanjutnya. Menetapkan batasan waktu dengan pasti seperti berapa lama akan menyelesaikan tugasnya.

2. Memiliki To-do List

Memiliki daftar dengan baik atau to-do list tentu dapat menghemat waktu dan lebih mengetahui apa yang harus dilakukan. Tentu jika kamu memiliki daftar tidak perlu bertanya apa yang harus dikerjakan selanjutnya, selain itu adanya to-do list dapat membuat kamu termotivasi dan merasa sangat puas dengan apa yang harus kamu kerjakan terutama setelah selesai mengerjakan pekerjaan.

3. Perencanaan ke Depan

karier dewasa minum kopi kebebasan
ilustrasi perempuan mandiri bekerja/Amnaj Khetsamtip/Shutterstock

Perencanaan ke depan merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam manajemen waktu dengan baik terutama dalam merencanakan ke delam selama seminggu. Maka dari itu sangat dpenting untuk mengetahui perencanaan ke depan dengan baik dapat membuat seseorang memiliki manajemen waktu yang baik.

4. Memulai dengan Tugas yang Penting

Melakukan tugas dari yang terpenting di pagi hari dapat menyelesaikan tugas lainnya dengan baik, semua tugas yang sekiranya membuatmu stress, tugas tersulit, maka lakukan di pagi hari. Karena pada pagi hari tubuh masih memiliki energi yang banyak dan dapat membuat semua pekerjaan dapat teratasi dengan efisien dan kompeten.

5. Fokus pada Satu Tugas

perempuan dan tetap kerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Jika kamu telah memilih tugas untuk dilakukan maka lihat sampai akhir dan kerjakan dengan selesai. Hindari melakukan setengah pekerjaan, karena hal ini dapat meninggalkan tugas lain dan sulit untuk terselesaikan dengan baik.

6. Beristirahat Diantara Banyak Tugas

Saat melakukan banyak tugas tanpa istirahat terkadang akan jauh lebih sulit untuk fokus dan termotivasi. Memberikan waktu istirahat di antara banyak tugas untuk menjernihkan pikiran, pertimbangkan untuk tidur maupun jalan-jalan sebentar.

7. Menghapus Aktivitas yang Tidak Penting

stretching saat kerja
Mencegah nyeri otot./Copyright shutterstock.com/g/kornfoto

Penting untuk menghilangkan atau mengurangi tugas yang berlebihan, menentukan tugas yang penting dapat dilakukan terlebih dahulu. Mengurangi tugas yang tidak penting dapat memiliki banyak waktu luang.

Itulah beberapa cara agar dapat memilii manajemen waktu dengan baik, langkah yang perlu kamu lakukan adalah mengerjakan hal yang penting dan utama.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela