Apa Penyebab Baterai HP Cepat Habis? Cek Di Sini

Vania Al kautsar06 Okt 2022, 16:51 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 16:56 WIB
Hp - Vania

Fimela.com, Jakarta Baterai handphone merupakan salah satu sumber untuk perangkat agar tahan lama saat digunakan. Beberapa baterai dengan hanphone yang model lama biasanya dapat dilepas dan diganti saat rusak, sementara itu smartphone zaman sekarang telah memiliki fitur baterai non-removable.

Meskipun banyak handphone yang memiliki baterai dengan ukuran besar atau pada bagian mAh, akan tetapi daya tahan baterai ada yang belum bagus. Hal inilah yang dapat menyebabkan baterai handphone cepat habis terutama pada beberapa fitur atau applikasi saat digunakan.

Baterai handphone yang cepat habis terkadang dapat membuat banyak pengguna kesal terutama saat menggunakan hanphone sebentar saja. Nah, berikut beberapa penyebab baterai handphone cepat habis yang sering bikin khawatir:

1. Tingkat Kecerahan Layar yang Tinggi

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Rob Hampson

Saat berada di luar ruangan yang cerah terkadang kita harus meningkatkan kecerahan laya handphone. Hal ini sangat penting dilakukan agar melihat atau membaca tulisan di handphone menjadi mudah, hal ini justru dapat membuat handphone menjadi cepat habis baterainya.

2. GPS yang Terus Menyala

GPS yang aktif ternyata menjadi salah satu penyebab baterai handphone cepat habis, jika fitur ini tidak dimatikan maka sistem akan terus bekerja untuk melacak lokasi dimana saat kita berada. Fitur ini juga sangat berguna bagi kebanyakan orang, tetapi justru dapat membuat baterai hanphone cepat habis.

3. Applikasi yang Terus Berjalan di Latar Belakang

Hp - Vania
Ilustrasi WhatsApp/https://unsplash.com/Dimitri Karastelev

Penyebab lain baterai handphone cepat habis adalah adanya applikasi yang terus berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna. Terkadang setelah menggunakan applikasi kita jarang menutup applikasi dan hanya membiarkannya saja. Applikasi yang masih berjalan tentu dapat menguras baterai cepat habis.

4. Penggunaan Applikasi dan Aktivitas yang Menguras Baterai Cepat Secara Berlebihan

Beberapa applikasi hiburan seperti streaming video maupun musik ternyata dapat menguras daya betari saat digunakan secara berlebihan. Begitu juga saat bermain game grafis berat, jika kita menggunakannya terlalu lama maka akan membuat baterai cepat habis.

5. Sinyal yang Lemah

hp - vania
Ilustrasi hp/https://unsplash.com/magnet.me

Smartphone akan menggunakan banyak daya saat terhubung pada sinyal yang lemah atau rendah, jika kamu tidak mendapatkan sinyal maka aktifkanlah mode pesawat agar ponsel tidak cepat habis. Kemudian restart koneksi seluler ketika berada di area yang jangakuan sinyal lebih baik.

Itulah beberapa penyebab handphone lebih cepat kehabisan baterai yang kerap terjadi, beberapa masalah tersebut tentu sering menganggu dan membuat tak nyaman.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela