5 Cara Ampuh Untuk Tetap Mencintai Pasanganmu Meski Sudah Berhubungan Lama

Fimela Editor07 Nov 2022, 15:51 WIB
Diperbarui 07 Nov 2022, 15:55 WIB
5 Cara Ampuh Untuk Tetap Mencintai Pasanganmu Meski Sudah Berhubungan Lama

Fimela.com, Jakarta Mencintai pasangan yang sudah lama berhubungan denganmu terkadang banyak tantangannya, salah satu yang paling kerap muncul ialah rasa jenuh. Dibutuhkan tindakan langsung, kemauan, dan komitmen satu sama lain guna menjaga hubungan yang sehat. 

Apalagi dalam menjalin hubungan, pasti sering terjadi yang namanya pasang dan surut. Mungkin kamu hari ini merasa kesal karena sifat kekanak-kanakannya, namun bisa saja di keesokan hari, kamu dibuat berbunga-bunga setelah diberi hadiah romantis darinya. 

Itulah contoh hubungan yang sehat. Saat terjadi masalah, satu di antara kamu harus ada yang mengalah. Tujuannya apa? Agar kamu tidak kehilangan sosok pendukung, pendamping, dan pasangan dalam hidupmu.

Selain mengalah, masih ada 5 cara lainnya untuk tetap mencintai pasanganmu dan bagaimana untuk dapat mempertahankan pengalaman jatuh cinta, meski sudah berhubungan lama dikutip dari laman helpguide.org.

Habiskan Waktu Berkualitas dengan Bertatap Muka

5 Cara Ampuh Untuk Tetap Mencintai Pasanganmu Meski Sudah Berhubungan Lama
(c) Shutterstock

Tidak peduli seberapa sibuk dirimu dengan pekerjaan, atau kesibukan lainnya. Tetap penting untuk meluangkan beberapa menit dalam sehari untuk fokus terhadap hubunganmu dengan pasangan. 

Tatap wajahnya sebelum berangkat kerja, luangkan waktu untuk berbincang mengenai masa depan saat memasuki waktu tidur, hingga melakukan hobi bersama di hari libur. Itu semua bisa menjadi cara untuk mempertahankan pengalaman jatuh cinta dalam jangka waktu yang panjang. 

Walaupun sekarang komunikasi digital bisa menjadi cara untuk tetap menghangatkan hubungan, tapi percayalah. Itu masih kalah jika dibandingkan dengan waktu berkualitas untuk saling bertatap muka bersama pasangan. 

Ajak kekasihmu jalan-jalan di pagi hari, minum secangkir teh di teras rumah, sambil menanyakan rutinitas yang telah dilalui minggu ini bisa membuat pasanganmu lebih merasa spesial dan benar-benar dianggap sebagai orang yang dicintai. 

Hadirkan Komunikasi yang Baik

5 Cara Ampuh Untuk Tetap Mencintai Pasanganmu Meski Sudah Berhubungan Lama
(c) Shutterstock

Komunikasi yang baik adalah dasar dari hubungan sehat. Makanya jika ada hal yang ingin dibicarakan, maka sampaikanlah. Jangan buat pasanganmu menebak-nebak harus melakukan apa untuk membuatmu bahagia.

Walaupun terkadang, untuk menyampaikan pesan ke pasangan akan muncul rasa malu, atau mungkin tidak enak. Tapi kamu tetap butuh untuk mengetahui seperti apa rasa perhatian yang dia inginkan, agar semakin merasa dicintai.

Selain itu, kamu sebagai pasangan juga harus menjadi pendengar yang baik. Pendengar yang baik bukan berarti harus selalu setuju dengan pasangan, melainkan memahami dan membantu untuk menemukan cara agar dapat menyelesaikan konflik. 

Menjaga Keintiman Sentuhan Fisik dalam Hubungan

5 Cara Ampuh Untuk Tetap Mencintai Pasanganmu Meski Sudah Berhubungan Lama
(c) Shutterstock

Terjadinya kontak fisik pada sepasang kekasih dapat meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh mereka, ini merupakan hormon yang mempengaruhi ikatan dan ketertarikan. 

Keintiman fisik tersebut tidak selalu seputar seks. Melainkan rutinitas yang menjadi landasan untuk terus berkomitmen dengan pasangan, seperti berpegangan tangan, berpelukan ketika bertemu, hingga mencium pipi ketika pamit untuk bekerja. 

Sentuhan-sentuhan sederhana namun romantis tersebutlah yang dapat menjadi simbol komunikasi, bahwa kamu memang tidak mau kehilangan pasanganmu dan ingin terus bersama dalam keadaan suka maupun duka. 

Belajar Memberi dan Menerima demi Kebaikan Hubungan

5 Cara Ampuh Untuk Tetap Mencintai Pasanganmu Meski Sudah Berhubungan Lama
(c) Shutterstock

Hubungan yang sehat terbentuk dari hasil kompromi antar dua insan yang saling mencintai. Maka dibutuhkan usaha dari keduanya, untuk memastikan ada pertukaran yang sepadan demi keharmonisan hubungan. 

Usaha seperti apa yang harus dilakukan demi berjalannya persetujuan dalam hubungan tersebut? Caranya dengan mengetahui apa yang benar-benar penting bagi pasangan kamu. 

Semisal, pasanganmu merupakan orang yang sangat butuh pengertian ketika harus menjalani pekerjaannya, di mana dia adalah seorang human resources perusahaan yang banyak berinteraksi dengan lawan jenis di kantornya. Maka keduanya harus saling bersikap dewasa dengan cara terbuka dan tidak terlalu sering membawa masalah pekerjaan ke kehidupan rumah tangga. 

Bersiap hadapi Pasang Surut

5 Cara Ampuh Untuk Tetap Mencintai Pasanganmu Meski Sudah Berhubungan Lama
(c) Shutterstock

Setiap hubungan pasti merasakan yang namanya pasang dan surut. Tidak mungkin jika orang yang saling mengerti dan mencintai berada di hubungan yang terus menerus merasakan kebahagiaan. 

Pasti akan ada peristiwa yang dapat memunculkan rasa stress dalam hubungan, baik faktor internal maupun eksternal. Seperti kehilangan pekerjaan, kematian anggota keluarga, hingga masalah kesehatan yang menerpa pasangan. 

Contoh peristiwa seperti itu yang dapat melonggarkan hubungan erat antara kamu dengan pasangan. Apakah itu membuat frustasi? Tentu iya, tapi bukan menjadi alasan untuk kamu meninggalkan pasanganmu. Percayalah di setiap masalah pasti ada solusi. 

Ketika marah atau kecewa ke pasangan, jangan lampiaskan amarah yang membludak ke dirinya. Coba dulu untuk menenangkan diri, jika sudah baru sampaikan keluhanmu ke pasangan. Ingat juga, pasangan itu seperti sebuah tim. Di mana ada masalah maka tugas kalian untuk menyelesaikannya secara bersama-sama. 

Itulah 5 cara mutlak untuk tetap mencintai pasanganmu meski sudah berhubungan lama. Semoga tulisan ini dapat segera membantu kamu untuk menyelesaikan masalah dengan pasangan. 

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela