Sukses

Lifestyle

7 Rekomendasi Tanaman yang Mudah Cara Perawatannya, Cocok Buat Jadi Tanaman Hias Indoor

Fimela.com, Jakarta Hobi berkebun atau mengoleksi tanaman hias semakin merebak kala pandemi Covid-i9 tiba. Banyak orang yang terpaksa berdiam diri di rumah dan akhirnya menyibukkan diri dengan hobi baru seperti bermain dengan tanaman. 

Memiliki tanaman di dalam rumah selain mempercantik ruangan juga turut menyegarkan mata. Namun kerap kali karena kesibukan kita entah itu bekerja atau bersekolah membuat kita lupa merawat tanaman hias sehingga terabaikan sampai mati.

Buat kamu yang ingin mempercantik ruangan dengan tanaman hias indoor namun memiliki segudang kesibukan dan takut lupa merawatnya, berikut ini beberapa rekomendasi tanaman dengan minim perawatan yang patut kamu coba.

Kaktus

Sudah terkenal lama kalau kaktus adalah tanaman yang membutuhkan perawatan sangat simpel. Habitatnya di gurun atau tanah kering membuatnya tetap bertahan hidup meski tidak selalu tersuplai air. Kamu bisa menambahkan kaktus ke dalam list dekorasi rumahmu. Cukup tempatkan mereka di ruang yang mendapatkan sinar matahari cukup dan siram dengan air jika tanahnya mengering.

Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk ke dalam golongan tanaman sukulen jadi perawatannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menempatkannya di tempat dengan asupan sinar matahari yang cukup. Tak perlu menyiramnya terlalu sering, cukup 2 minggu sekali saat tanahnya benar-benar kering. Selain mempercantik ruangan, kamu juga bisa mempercantik tubuh dengan memanfaatkan lidah buaya. 

Lidah Mertua

Tanaman selanjutnya yang tidak perlu banyak perawatan adalah lidah mertua. Lidah mertua terkenal dengan kemampuannya dalam menjernihkan udara sekitar sehingga baik untukmu yang ingin memperbaiki kualitas pernafasan. Lidah mertua juga termasuk tanaman yang fleksibel, dia bisa hidup di ruang yang banyak terkena sinar matahari maupun di ruang redup. Siram lidah mertua hanya saat tanahnya benar-benar mengering karena saat mendapat banyak air malah membuatnya cepat rusak.

Lavender

Siapa yang bisa menolak kecantikan dari tanaman dengan bunga warna ungu ini. Ditambah lagi dengan aroma khasnya yang terkenal menenangkan membuatnya wajib masuk ke list tanaman hiasmu. Lavender sangat suka dengan paparan sinar matahari dan tahan terhadap kekeringan. Meskipun begitu saat melihat tanahnya benar-benar kering kamu juga perlu menyiramnya.  

Peace Lily

Tanaman cantik dengan bentuk khas serta kelopak warna putih bersih tidak boleh ketinggalan masuk ke dalam list mu. Selain cantik, peace lily juga memiliki manfaat untuk membersihkan udara yang ada di sekelilingnya. Peace lily suka dengan suasana lembap jadi bisa ditempatkan di dalam ruangan yang sedikit terkena sinar matahari dan bahkan tanpa jendela sekalipun. Untuk kebutuhan air kamu cukup menyiramnya 2-3 kali per minggu nya.

Lili Paris

Tanaman yang juga memiliki nama lain spider plant ini biasanya ditempatkan pada dekorasi gantung. Sebab daunnya yang banyak dan panjang-panjang membuatnya tampil semakin menawan jika terjuntai dari atas. Tanaman ini bisa menghadapi berbagai cuaca namun akan tambah subur jika terkena sinar matahari tak langsung serta tanah yang lumayan lembap.

Tanaman Sukulen

Tanaman sukulen pada dasarnya adalah tanaman yang memiliki kemampuan daya serap air tinggi dan disimpan di dalam batang atau daunnya. Jadi banyak sekali jenis tanaman sukulen di luaran sana, namun yang paling populer dijadikan tanaman indoor adalah sukulen jade, sukulen panda, dan sukulen sedum. Perawatannya mudah, kamu hanya tempatkan mereka pada ruang yang terkena matahari secara tidak langsung dan menyiramnya saat tanah benar-benar kering. 

Rekomendasi 7 tanaman di atas bisa banget masuk list tanaman hias kamu. Karena perawatannya yang mudah meninggalkan mereka liburan atau dengan kesibukan lain tidak membuatmu khawatir tanamanmu akan mati kekeringan. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading