5 Tanda Dirimu Sebenarnya Sudah Melakukan yang Terbaik dalam Hidup

Endah Wijayanti11 Nov 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 11 Nov 2022, 13:15 WIB
perempuan dan cinta dari orang baik 2

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa hidupmu tidak ada artinya? Pernah merasa seperti terlambat atau tertinggal dari orang lain? Kadang rasa pesimis atau sedih muncul karena kita merasa belum melakukan hal yang terbaik dalam hidup. Padahal bisa jadi sebenarnya kita sudah menjalani hidup dengan baik.

Walau ada impian yang belum terwujud atau kenyataan yang berbeda dari harapan, bisa jadi sebenarnya kamu sudah melakukan semua hal terbaik dalam hidup. Kini, coba ambil jeda waktu sejenak untuk mengapresiasi perjalanan dan perjuangan hidupmu sendiri. Agar semangat dan senyuman kembali hadir dalam keseharianmu.

 

 

1. Memilih untuk Melangkah daripada Menyerah

perempuan dan cintanya yang bertepuk sebelah tangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/K-Angle

Selama kamu masih memilih untuk melangkah ke depan, maka kamu sebenarnya sudah melakukan semua yang terbaik dalam hidup. Walau kamu sempat terjatuh dan terpuruk, kamu tidak berlama-lama dalam keterpurukan tersebut. Setiap langkah baru yang berani kamu ambil sudah menjadi bukti bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik dalam hidupmu.

 

 

2. Menyikapi Setiap Pengalaman sebagai Proses Pendewasaan Diri

perempuan dan cinta dari orang baik
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PorporLing

Pengalaman buruk dan tak mengenakkan kadang masih hadir dan menyertai hidupmu. Banyak masalah dan persoalan yang membuatmu jatuh. Ketika kamu bisa menyikapi setiap pengalaman sebagai bagian dari proses pendewasaan diri, maka kamu sudah melakukan semua yang terbaik dalam hidup. Kamu sudah menjadi pribadi yang luar biasa istimewa dengan caramu sendiri.

 

 

3. Berusaha untuk Menyesuaikan Diri dengan Perubahan Hidup

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Selalu ada cinta yang lebih baik./Copyright shutterstock.com/g/wilaiporn+Hancharoenkul

Perubahan demi perubahan hidup kadang tak bisa dihindari. Untuk bisa bertahan dan kuat melalui segalanya, memang kita perlu berusaha beradaptasi. Tiap kali kamu memilih untuk menyesuaikan diri dengan perubahan hidup yang ada, maka sebenarnya kamu sudah menjalani hidup dengan baik. Keberanian dan kemampuanmu untuk bisa mencoba hal baru pun menjadi sebuah pencapaian sendiri.

 

 

4. Tahu Cara Memperjuangkan Prioritas yang Lebih Penting

perempuan dan cinta pertama 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Hidupmu dan hidup orang lain berbeda, dan kamu menyadari itu. Lalu, kamu pun memilih untuk fokus melakukan dan memperjuangkan hal-hal yang memang penting untuk hidupmu. Ketika kamu bisa tetap menata fokus untuk menjalani hidup sesuai prioitas diri, maka kamu sudah menjalani hidup dengan baik pula.

 

 

5. Senantiasa Mengapresiasi Tiap Perjalanan Hidup yang Dilalui

perempuan dan rekomendasi buku cinta dan hati
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Selama kamu masih menyayangi diri sendiri, kehidupan yang kamu jalani juga akan senantiasa memelukmu. Tiap perjalanan yang bisa kamu apresiasi menjadi sumber kekuatan baru untuk bisa melangkah ke depan. Bahkan kebahagiaan bisa hadir dengan lebih mudah tiap kali ada rasa syukur yang dihadirkan dalam keseharian.

Itu tadi lima hal yang bisa menjadi tambahan semangat dan pengingat bahwa sebenarnya kamu sudah menjalani hidup dengan baik. Semoga ke depannya, ada hal-hal baik pula yang bisa kamu hadirkan dalam hidup, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela