5 Perubahan yang Terjadi saat Kembali Mencintai Diri Sendiri

Endah Wijayanti13 Nov 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 13 Nov 2022, 12:45 WIB
perempuan dan hati yang penuh bahagia

Fimela.com, Jakarta Saat hati dan perasaan kita terluka, butuh waktu dan proses sendiri untuk sembuh dan pulih kembali. Ketika cinta kita tak diterima oleh orang lain, maka kita perlu kembali ke diri sendiri. Kembali mencintai diri sendiri bisa jadi pilihan yang paling bijak untuk sembuh dari patah hati dan memulihkan harga diri.

Saat kita kembali mencintai diri sendiri, ada perubahan-perubahan positif yang bisa kita alami dan dapatkan. Sejumlah hal baik pun bisa kita peroleh dengan cara yang lebih mudah.

 

 

1. Makin Mudah Merasa Bahagia

santai jatuh cinta bahagia
ilustrasi perempuan tersenyum/Blue Titan/Shutterstock

Saat kita kembali mencintai diri sendiri, kita akan mengupayakan hal-hal baik untuk bisa membuat diri bahagia. Mengingat kebahagiaan perlu diupayakan, maka kita tak lagi merasa gampang sedih atau galau saat belum bisa dibahagiakan orang lain. Mengutip buku Happiness Inside, kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat sederhana, dan saking sederhananya sampai-sampai tidak banyak yang percaya. Untuk bahagia, kita perlu mencari dan menemukannya dari dalam. Pada dasarnya, semua perangkat kebahagiaan itu ada dan selalu ada dalam diri setiap manusia.

 

 

2. Lebih Kuat dalam Menjaga Harga Diri

perempuan dan cinta pertama 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Mempertahankan harga diri adalah hal yang sangat berat bagi orang yang tak bisa mencintai diri sendiri. Mengutip buku How to Love, orang yang hanya mendapat serangan ketika seharusnya dicintai akan kesulitan untuk mencintai karena tidak pernah dicintai. Jangankan terhadap orang lain, mereka bahkan tidak tahu cara mencintai dirinya sendiri. Saat sudah bisa mencintai diri sendiri, kita akan lebih menghargai diri kita dan punya keyakinan yang lebih kuat bahwa diri kita bisa melalui masa-masa sulit yang ada dengan lebih tegar lagi.

 

 

3. Motivasi Hidup Makin Kuat

putus cinta
ilustrasi perempuan santai/copyright by YAKOBCHUK VIACHESLAV (Shutterstock)

Saat kita bisa menghadirkan cinta untuk diri sendiri, maka kita bisa menghadirkan sumber kekuatan besar di dalam diri untuk senantiasa bertahan menjalani hidup. Ada cinta untuk diri sendiri, ada semangat dan motivasi yang akan selalu menyertai keseharian kita. Mengingat semangat hidup bisa naik turun, maka membekali diri dengan upaya mencintai diri dengan baik bisa membantu kita bertahan di masa-masa sulit.

 

 

4. Makin Percaya Diri

cuek mandiri percaya diri
ilustrasi perempuan mencintai diri sendiri/copyright by mentatdgt (Shutterstock)

Saat kita sudah mencintai diri sendiri, kita tak lagi membuang waktu dan energi untuk mencari validasi dari orang lain dan ini membuat hati jadi lebih nyaman. Rasa percaya diri akan meningkat seiring dengan kemampuan kita untuk mencintai diri sendiri. Ketika kita bisa menerima diri dengan lebih utuh, maka rasa nyaman akan hadir di dalam diri dan membuat kita makin percaya diri dengan kehidupan yang kita punya.

 

 

5. Lebih Mudah Beradaptasi Hadapi Perubahan Hidup

cantik kalem cinta
ilustrasi perempuan baik membawa bunga/Pumidol/Shutterstock

Melalui cara mencintai diri sendiri yang baik, kita bisa beradaptasi hadapi perubahan hidup dengan lebih baik pula. Kita bisa lebih mudah memilah prioritas-prioritas hidup yang lebih penting karena sudah paham apa yang kita inginkan dan perlukan dalam meraih hidup yang bermakna. Perubahan demi perubahan hidup pun bisa kita terima dan hadapi tanpa merasa stres atau tertekan berlebihan lagi.

Saatnya untuk lebih menyayangi diri sendiri, ya. Semoga ke depannya kamu bisa meraih hal-hal baik juga dalam hidup.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓