Bikin Cepat Rusak, Inilah 3 Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Mencuci Sepatu

Gloria Trivena May Ary12 Nov 2022, 20:11 WIB
Diperbarui 12 Nov 2022, 20:14 WIB
Bikin Cepat Rusak, Inilah 3 Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Mencuci Sepatu

Fimela.com, Jakarta Di musim hujan yang belakangan ini sering terjadi, membuat siapapun jadi kesusahan dalam menjaga sepatu yang digunakan agar tetap bersih. Ini karena, berbagai kotoran dan genangan air yang ada, dapat membuat penampilan alas kaki ini menjadi dekil dan lama-kelamaan bisa mengalami kerusakan bila nggak segera dibersihkan. Oleh karena itu, perlu banget untuk memperhatikan perawatan pada sepatu, khususnya di kala cuaca sedang nggak mendukung.

Meski begitu, kamu wajib mengetahui bahwa menghilangkan noda dan kotoran yang menempel pada sepatu nggak boleh sembarangan dilakukan. Sebab, mencuci sepatu dengan cara yang salah justru dapat membuatnya menjadi nggak awet dan gampang rusak. Lantas, bagaimana sih cara melakukannya yang benar? Berikut ulasannya.

1. Nggak Melepas Tali Sepatu Dulu

Bikin Cepat Rusak, Inilah 3 Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Mencuci Sepatu
(c) Shutterstock

Kesalahan yang satu ini sering sekali terjadi pada seseorang yang mencuci sepatu. Untuk sebagian orang, membersihkan sepatu bersama talinya adalah hal yang umum supaya nggak makan banyak waktu. Padahal, hal tersebut nggak dianjurkan dan dapat bahkan beresiko merusak sepatu itu sendiri, lho.

Tali yang masih terikat pada sepatu, mampu membuat serat pada bagian tersebut cepat terkoyak. Nggak hanya itu saja, sepatu yang dicuci pun jadi nggak bisa bersih secara maksimal dan masih meninggalkan noda-noda pada area yang nggak bisa tersentuh. Tentunya kamu nggak mau mengalami hal ini, bukan?

2. Menggunakan Detergen Pakaian dan Sikat Kaku

Bikin Cepat Rusak, Inilah 3 Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Mencuci Sepatu
(c) Shutterstock

Mencuci menggunakan deterjen pakaian menjadi kesalahan berikutnya yang nggak boleh dilakukan. Pasalnya, kandungan kimia yang ada di dalam detergen ini sangat nggak cocok dengan bahan sepatu. Untuk itu, kamu bisa mencoba memakai sabun khusus sepatu yang pastinya aman dan dapat memberikan efek bersih yang sempurna.

Selain detergen, hindarilah penggunaan sikat kaku saat mencoba mencuci sepatu yang dimiliki. Sikat dengan bulu jenis ini, dapat membuat banyak goresan pada permukaan sepatu luar dan dalam sepatu. Sebaiknya, pilihlah sikat yang berbulu halus, agar bahan alas kakimu bisa tetap terjaga dan nggak menimbulkan kerusakan.

3. Langsung Memasukkannya ke Mesin Cuci

Bikin Cepat Rusak, Inilah 3 Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Mencuci Sepatu
(c) Shutterstock

Terdapat anggapan bahwa mencuci sepatu akan semakin mudah dan efisien bila menggunakan mesin cuci. Nyatanya, hal tersebut nggak sepenuhnya benar, lho. Memanfaatkan alat elektronik ini untuk membersihkan sepatu kotor dinilai nggak efektif untuk dilakukan. Karena, cara ini hanya bisa diterapkan bila ingin menghilangkan bau nggak sedap pada sepatu, bukannya noda. 

Untuk itu, kamu perlu melakukannya secara manual, yakni menggunakan kedua tangan. Apalagi bila kotoran yang melekat padanya sangat banyak dan membandel. Maka, lebih baik jika menyikatnya dengan tangan agar dapat bersih dangan sempurna.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang bisa dihindari saat mencuci sepatu kesayangan. Namun, bila kamu merasa sedang malas dan nggak mau membersihkan sepatu dengan usaha sendiri, bisa juga kok menggunakan jasa pembersih sepatu yang saat ini ada di mana-mana. Semoga artikel ini bisa  bermanfaat!

What's On Fimela