5 Cara Menjadi Perempuan Mandiri agar Hidup Makin Bahagia

Endah Wijayanti14 Nov 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 14 Nov 2022, 15:15 WIB
aku uang dan perempuan santai

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menjadi bahagia. Begitu banyak jalan dan pilihan yang bisa diambil untuk bisa memiliki hidup yang bahagia. Kali ini kita akan coba bahas cara mendapatkan hidup yang bahagia dengan meningkatkan kemandirian.

Hidup mandiri bisa menjadi salah satu upaya untuk memiliki hidup yang makin bahagia. Untuk menjadi mandiri, bisa dimulai dari langkah-langkah awal yang sederhana berikut ini.

 

 

1. Menjadwalkan Rutinitas yang Produktif

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Kemandirian bisa diawali dengan kemampuan mengatur waktu dengan lebih tertata sesuai dengan kemampuan dan prioritas. Kamu bisa coba membuat jadwal kegiatan atau rutinitas produktif yang kamu sukai. Untuk bisa lebih mandiri, kita bisa mengisi hari dengan hal-hal yang menghadirkan makna dalam hidup. Kepuasan batin dari keberhasilan melakukan hal-hal yang produktif bisa hadirkan kebahagiaan sendiri.

 

 

 

2. Memilih Gaya Hidup yang Sesuai Kebutuhan

aku uang dan mandiri finansial
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/weedezign

Cobalah mengatur dan membelanjakan uang dengan cara yang lebih bertanggung jawab. Kita bebas mau menjalani hidup dengan gaya atau mengikuti tren apa. Yang penting kita bisa mengimbangi kebutuhan dan gaya hidup sesuai kemampuan. Bisa menjalani dan menikmati gaya hidup sesuai kebutuhan juga bisa hadirkan rasa bahagia sendiri. Sebab energi dan waktu tak lagi tersita untuk membuat perbandingan dengan kehidupan orang lain.

 

 

3. Meluangkan Waktu Menyenangkan Diri Sendiri

aku uang dan ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

Tak harus menunggu dibahagiakan atau divalidasi orang lain untuk bisa bahagia. Kamu bisa meluangkan waktumu sendiri untuk melakukan hal-hal yang bisa menyenangkan hatimu sendiri. Bahkan melalui hal-hal kecil atau sederhana, kamu sudah bisa hadirkan kenyamanan sendiri di dalam hidupmu.

 

 

4. Menghadirkan Hati yang Penuh Syukur dalam Keseharian

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Cukup syukuri semua yang sudah ada dan sudah dipunya saat ini. Tak harus menunggu memiliki semua yang diinginkan untuk bisa bahagia. Tak perlu menuntut semua orang menyenangkan hatimu untuk bisa bahagia. Mulai saja dari diri sendiri dengan menghadirkan hati yang penuh syukur untuk hadirkan ruang yang lebih lapang untuk bahagia.

 

 

5. Menyempatkan Diri untuk Berbagi

aku uang dan jatuh bangun bisnis
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/nengnatee

Mencoba hidup mandiri bukan berarti egois hanya memikirkan diri sendiri. Justru dengan berbagi, kita bisa makin menghargai kehidupan yang ada saat ini. Berbagi tak harus soal materi atau kekayaan, tetapi juga ilmu, wawasan, hingga pengalaman. Makin banyak berbagi biasanya makin banyak kebahagiaan yang mengalir di hati.

Membekali diri dengan jiwa mandiri yang lebih baik juga bisa membuat kita makin kuat serta membantu kita bertahan melewati masa sulit. Semoga kita semua bisa menjalani hidup dengan lebih baik dari waktu ke waktu, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓