5 Cara Tegarkan Diri Jalani Hidup yang Belum Sesuai Impian

Endah Wijayanti14 Nov 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 14 Nov 2022, 14:04 WIB
baju abu-abu

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya impian dan harapan soal hidup terindah yang ingin dimiliki. Bahkan kita rela berjuang dan bekerja lebih keras untuk mewujudkan impian. Hanya saja kadang hidup berjalan dengan cara yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Saat hidup yang dijalani belum sesuai impian, kadang muncul rasa sedih, kecewa, hingga bersalah. Semua rasa tak nyaman itu kemudian membuat kita rasanya ingin menyerah. Namun, ketika kata "menyerah" tak ada dalam kamus kita, maka yang perlu kita lakukan adalah berusaha untuk membaut diri lebih kuat dan tegar lagi.

 

 

1. Sadari bahwa Perubahan Senantiasa Menyertai Hidup

perempuan dan menghadirkan rasa bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Perubahan hidup dan berbagai macam ujian atau cobaan hidup bisa membuat kita kadang harus memilih jalan yang berbeda. Impian yang belum terwujud bukan berarti kita gagal dalam menjalani hidup. Bisa saja karena ada jalan berbeda atau jalan yang lebih baik untuk kita ambil. Maka dari itu, kita perlu menyadari bahwa perubahan akan selalu menjadi bagian dari kehidupan agar tidak merasa tertekan atau stres hadapi kenyataan yang ada.

 

 

2. Membuka Diri Menerima Kemungkinan Baru

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Conner Ching on Unsplash

Impian yang belum terwujud bukan akhir dari segalanya. Justru bisa jadi pertanda ada kesempatan atau peluang baru yang perlu didapatkan. Mengutip buku The Comfort Book, "Harapan itu tidak serupa dengan kebahagiaan. Kita tidak harus bahagia untuk menjadi penuh harapan. Ketidaktahuan kita tentang masa depan, dan bahwa ada berbagai versi masa depan yang bisa lebih baik daripada yang ada sekarang. Harapan, dalam bentuknya yang paling sederhana adalah penerimaan kemungkinan." Membuka diri menerima kemungkinan baru bisa hadirkan semangat baru jalani hidup.

 

 

3. Rawat Semua yang Dimiliki Saat Ini Sebaik Mungkin

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Abet Llacer from Pexels

Ada refleksi diri menarik dari buku Things Left Behind tentang tekad hidup dan melakukan pekerjaan harian untuk merawat rumah: "Membuang sampah, mencuci piring setelah makan, membersihkan debu di perabotan, dan mengepel lantai adalah hal sepele. Tetap hal sepele inilah yang membuat kehidupan sehari-hari berjalan. Ketika semangat hidup hilang, mula-mula kita akan melepaskan hal-hal sepele seperti ini." Dengan kata lain, kalau ingin semangat hidup tetap menyala, kita bisa coba untuk tetap berusaha merawat semua yang sudah dimiliki saat ini sebaik mungkin.

 

 

4. Rangkai Harapan Baru meski Sederhana

karakter zodiak
ilustrasi perempuan tertawa bahagia/Photo by Conner Ching on Unsplash

Kalau hidup saat ini tak berjalan sesuai dengan impian (yang lama), maka jalani hidup saat ini dengan membawa impian baru. Hadirkan saja harapan baru. Nyalakan secercah harapan baik untuk masa yang akan datang. Walau hidup saat ini belum sesuai impian, masih ada kemungkinan ada hal baik yang bisa terjadi di masa depan.

 

 

5. Hargai Semua Upaya Terbaik yang Sudah Dilakukan

bunga tersenyum bahagia
ilustrasi perempuan cantik/Morakot Kawinchan/Shutterstock

Hargai dan apresiasi diri yang sudah melakukan semua hal terbaik dalam hidup. Walau ada rencana yang hancur berantakan, kamu sudah membuat pencapaian sendiri karena sudah berani mencoba dan berusaha. Meski ada kenyataan yang jauh dari harapan, kamu sudah menunjukkan keberanian menjadi perempuan yang lebih kuat dari sebelumnya. Saat sudah bisa menghargai diri sendiri, maka kebahagiaan dan kekuatan baru bisa hadir dengan sendirinya.

Semoga ke depannya kamu bisa memiliki hidup yang lebih bermakna, ya. Terima kasih atas semua usaha dan kerja kerasmu selama ini yang luar biasa.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela