5 Tanda Kesalahan di Masa Lalu Membuat Jiwamu Lebih Dewasa

Endah Wijayanti19 Nov 2022, 20:45 WIB
Diperbarui 19 Nov 2022, 20:45 WIB
perempuan dan tabah

Fimela.com, Jakarta Semua yang terjadi di masa lalu tak bisa dihapus atau dilupakan begitu saja. Semua hal dan kejadian yang pernah ada akan menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup. Walau masa lalu tak selalu indah, tapi semua yang pernah kita alami dan jalani senantiasa hadirkan proses pendewasaan diri.

Di antara kita pun ada yang masih merasa dihantui dengan kesalahan di masa lalu. Tiap kali mengingat kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu, kamu masih sering merasa sedih bahkan menyalahkan diri sendiri. Kini, coba untuk melihat sisi baiknya bahwa kesalahan di masa lalu itu sebenarnya membuat dirimu kini menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa.

 

 

1. Kamu Masih Memilih untuk Melangkah

perempuan dan jalan kasual
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Kesalahan yang pernah kamu buat sempat membuatmu putus asa dan ingin menyerah menjalani hidup. Namun, ternyata kamu lebih memilih untuk melangkah. Melangkah lagi ke depan dengan semua sisa kekuatan yang ada. Sampai kemudian kamu menyadari kamu sudah berhasil sampai di titik ini berkat pilihanmu untuk terus melangkah, alih-alih menyerah.

 

 

2. Kamu Punya Hati Lapang Menerima Kenyataan

perempuan dan jalan kacamata
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Memang ada hal-hal yang rasanya ingin kamu jadikan alasan atas penyebab kesalahan yang pernah kamu buat. Bahkan kamu pernah merasa kesalahan yang kamu lakukan bukan murni karena kecerobohanmu. Namun, saat kamu menghadirkan hati yang lapang untuk menerima kenyataan yang ada, maka kamu sebenarnya sudah belajar untuk menjadi lebih dewasa lagi dalam menjalani hidup.

 

 

3. Kamu Bisa Menerima Dirimu Kembali

perempuan dan jalan traveling sendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Mengutip buku How to Love, hal yang bisa kita dapatkan dari penerimaan adalah stabilitas emosi. Kemampuan kita melakukan penerimaan bisa membantu kita melihat dunia secara objektif. Kita pun bisa mengisi ulang energi kita. Saat kamu melakukan kesalahan dan berupaya untuk memperbaikinya serta menerima diri sendiri dengan lebih utuh lagi, maka kamu sebenarnya sudah memiliki kekuatan baru untuk menjalani hidup.

 

 

4. Kamu Fokus untuk Tetap Melakukan Semua yang Terbaik

perempuan dan jalan percaya diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Kesalahan dan kegagalan menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup. Pengalaman yang hadir memang tak menyenangkan, tapi ketika kamu masih memilih untuk fokus melakukan semua hal yang terbaik dalam hidup maka kamu sebenarnya sudah lebih dewasa. Walau tak selalu sempurna dalam melakukan segalanya, tapi keberanianmu untuk tetap mencoba melakukan segala sesuatu yang terbaik sudah menjadi pencapaian tersendiri.

 

 

5. Kamu Memperjuangkan Hidup dengan Senyuman

perempuan dan menjalani hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Masih ada senyuman dan semangat yang kamu miliki untuk melanjutkan hidup, itu sudah jadi pertanda ada hal baik yang terjadi dalam hidup. Kesalahan yang pernah kamu lakukan menjadi titik balik sendiri dalam hidupmu, bahkan menjadi pemantik semangat untuk memperjuangkan hidup dengan lebih baik lagi. Saat masih ada harapan baik yang dijaga dalam menjalani hidup, ada jiwa yang senantiasa kuat di dalam dirimu.

Semoga ke depannya ada hal-hal baik yang terjadi dalam hidupmu, ya. Terima kasih sudah memilih untuk terus melangkah hingga sampai ke titik ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓