Sukses

Lifestyle

6 Penyebab AC Tidak Dingin Setelah Dicuci yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami masalah pada AC yang digunakan di rumah? Mungkin saja Ac kamu mengeluarkan udara yang panas daripada udara dingin yang dihasilkan. Masalah satu ini tentu dapat menjadi hal yang serius, terlebih jika cuaca sedang panas dan membutuhkan suhu yang dingin.

Ternyata ada banyak alasan yang membuat AC tidak dingin lagi seperti kondisi sebelumnya. Salah satu penyebab yang paling umum dari Ac yang tidak dingin kembali adalah kesalahan teknis maupun beberapa masalah non-teknis yang mendasarinya.

Pernah mencoba mencuci AC? Jangan sampai kamu lupa untuk membersihkan AC setiap tahunnya. Jika kamu pernah mengalami masalah pada AC setelah dicuci ada baiknya untuk tahu beberapa penyebabnya, seperti di bawah ini:

1. Pengaturan Termostat yang Salah

Ada baiknya untuk mengecek thermostat AC jika AC split maupun jendela yang tidak mendingin, ketika hal ini terjadi biasanya Ac akan mengeluarkan suara dan udara yang panas. Saat menghadapi masalah satu ini adalah dengan mengalihkan pengaturan thermostat ke mode otomatis.

2. Motor Rusak

Jika motor kipas rusak, biasanya unit outdoor tidak akan dapat menghilangkan panas AC. Selain itu hal ini juga dapat mengganggu kemampuan pendinginan pada unit AC yang mungkin membuatmu tak nyaman.

3. Tingkat Refrigeran Rendah

Refrigerant merupaka cairan penting yang dapat menyerap panas dari udara sekita, maka jika kekurangan dapat menyebabkan AC yang tidak mendingin. Jika sistem pendingin udara yang tidak mendingin mungkin saja dapat disebabkan oleh refrigerant yang bocor, untuk mengatasi masalah satu ini ada baiknya untuk servis AC secara berkala.

4. Kompresor Rusak

Kompresor merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam AC terutama pada pendingin udara, karena dapat mengatur aliran refrigerant antara evaporator dan kondensor. Oleh karena itu jika kondensor yang rusak tidak dapat mendingin kan udara yang cukup baik.

5. Filter Udara Tersumbat

Jika AC tidka dingin kmebali terutama setelah dicuci, mungkin saja filter udara mungkin yang tersumbat. Dalam masalah satu ini tentu udara tidak dapat mengalir dengan baik sehingga dapat mengurangi kapasitas pendingin AC yang membuat tak nyaman.

6. Ada Bagian yang Rusak

Kemungkinan alasan teknis lainnya dibalik AC yang tidak mendingin adalah adanya kapasitor kompresor yang rusak, motor yang rusak, thermistor yang rusak, maupun kapiler yang tersumbat. Mungkin saja saat membersihkan AC ada bagian yang tidak dibersihkan dengan baik.

Itulah beberapa penyebab AC tidak dingin kembali saat dicuci maupun dibersihkan dengan baik, beberapa masalah satu ini tentu dapat terjadi pada AC kamu dan membuat aliran udara tidak dingin kembali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading