5 Cara Kuatkan Diri saat Hidup Terasa Makin Berat Dijalani

Endah Wijayanti20 Nov 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 20 Nov 2022, 17:15 WIB
perempuan dan oktober 4

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya waktu dan usia, ada banyak hal baru yang kita hadapi dalam hidup. Bahkan beban dan tanggung jawab hidup bisa makin terasa berat. Kita pun jadi rentan mengalami stres dalam menjalani hidup yang makin berat.

Agar bisa tetap melangkah ke depan dan menjalani hidup dengan baik, kita perlu membekali diri dengan melakukan hal-hal yang bisa membantu kita lebih kuat dan tegar. Berikut ini tips dan cara sederhana yang bisa dicoba untuk bantu kuatkan diri agar bisa menjalani hidup dan melalui semua perubahannya.

 

 

1. Relakan Hal-Hal yang Sudah Tak Bisa Diubah

cantik dewasa bahagia kalem
ilustrasi perempuan tersenyum/nokkaew/Shutterstock

Untuk hal-hal yang tak bisa diubah atau diperbaiki lagi, cobalah untuk merelakannya. Terima berbagai kejadian dan peristiwa yang terjadi di luar kendali dan kuasa kita. Melepaskan hal-hal yang berada di luar kendali diri akan memudahkan kita untuk melangkah ke depan dengan hati yang lebih ringan.

 

 

2. Apresiasi Semua Perjalanan Hidup yang Sudah Dilakukan

kepribadian mandiri dewasa bahagia
ilustrasi perempuan tegas/JR-50/Shutterstock

Perjalanan hidup yang penuh liku dan berat memang sempat membuat kita terpuruk. Bahkan membuat kita seakan kehilangan harapan dan semangat untuk menjalani hidup. Sebelum makin membebani diri dengan berbagai tuntutan dan tekanan baru, cobalah untuk mengapresiasi semua perjalanan yang dilalui. Apresiasi kehidupan sendiri agar kita bisa senantiasa menemukan semangat untuk jalani hari baru ke depannya.

 

 

3. Hadapi Persoalan yang Ada Satu per Satu

dewasa mandiri bahagia single
ilustrasi perempuan tersenyum/paulaphoto/Shutterstock

Banyaknya persoalan dan hal yang harus dihadapi memang bisa membuat kita kewalahan. Sebelum makin hilang semangat dan putus asa, cobalah untuk menghadapi dan mengerjakan setiap persoalan satu per satu. Fokus kerjakan urusan dan selesaikan masalah satu per satu dulu. Dengan begini, energi dan waktu kita bisa digunakan dengan lebih efisien.

 

 

4. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

segar pagi sehat olahraga
ilustrasi perempuan bahagia tersenyum/takayuki/Shutterstock

Luangkan waktu untuk menepi atau menyendiri. Tujuannya untuk mengamati perasaan sendiri dan tenangkan diri. Mengutip buku The Things You Can See Only when You Slow Down, ketika merasa sedih kita bisa coba untuk mengamati perasaan tanpa berusaha mengubahnya. Sebab perasaan seringkali muncul dari faktor-faktor di luar kendali kita dan bisa berubah dengan sendirinya. Kalau merasa sedih karena hidup terasa lebih berat dari biasanya, terima kesedihan itu dan biarkan mengalir dalam diri agar bisa lebih tenang.

 

 

5. Tingkatkan Kemampuan Mengelola Stres

bahagia baju putih segar dewasa kalem
ilustrasi perempuan cantik tersenyum/wxin/Shutterstock

Tingkatkan kemampuan mengelola stres dengan lebih baik. Mengingat banyak hal yang harus dihadapi dalam menjalani hidup, kita perlu membekali diri memilih cara atau metode yang tepat untuk mengelola stres dengan baik. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, manajemen stres juga menjadi ujung tombak bagi kesehatan fisik dan jiwa. Bisa dimulai dengan mengatur pola makan dan jadwal tidur yang lebih teratur untuk kondisi tubuh yang lebih baik.

Lima hal di atas bisa diupayakan untuk membantumu lebih kuat dan tegar lagi dalam menjalani hidup yang terasa lebih berat. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela