Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri saat Merasa Tak Dihargai Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Saat kita sudah berusaha keras melakukan sesuatu tapi malah upaya kita tak dihargai orang lain, rasanya kepercayaan diri runtuh. Tak dihargai orang lain bisa membuat kita merasa sangat sedih dan terpuruk. Bahkan membuat kita kehilangan semangat hidup.

Sebelum makin terpuruk dalam kesedihan, saatnya untuk menguatkan diri kembali. Langkah-langkah sederhana ini bisa dicoba dan diupayakan agar bisa kembali tegar.

1. Uraikan Rasa Tak Nyaman yang Ada

Kalau menangis bisa bantu membuat perasaan lebih lega, izinkan diri untuk menangis. Kalau menulis bisa menjadi media untuk tenangkan diri, lakukan saja. Perasaan tidak dihargai bisa membuat kita rendah diri, dan rasa tak nyaman yang ada ini perlu diuraikan dan dikeluarkan agar tak makin membebani diri. Mengutip buku How to Respect Myself, rendah diri adalah emosi yang rumit. Ada perasaan tidak mampu, malu, dan mental korban bergabung membentuk gumpalan besar. Gumpalan bernama rendah diri ini mirip dengan balon yang ditiup penuh: jika ditekan tidak akan tahan lalu meledak.

2. Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Seseorang yang paling butuh perhatian saat ini adalah dirimu sendiri. Merasa tidak dihargai memang bisa sangat menyakitkan dan menusuk hati. Untuk bisa kembali kuat, coba luangkan waktu untuk berterima kasih pada diri sendiri. Atas semua upaya terbaik yang sudah kamu lakukan, kamu sudah membuat pencapaian sendiri jadi apresiasi dengan sepenuh hati.

3. Fokus Melakukan Hal yang Masih dalam Kendali Diri

Kita tak bisa mengatur respons orang lain. Yang bisa kita lakukan adalah mengatur dan menata respons kita terhadap perlakuan orang lain. Kalau ada orang yang tak menghargaimu, cobalah untuk tenangkan diri dan melihat sisi baik dari situasi yang ada. Kini, yang masih dalam kendali diri adalah melakukan hal-hal yang bisa hadirkan rasa nyaman untuk diri sendiri, jadi coba untuk fokus lakukan itu lebih dulu. 

4. Hindari Sikap Menyimpan Dendam

Tak perlu menyimpan dendam sama sekali. Tak usah mengikuti ego dan amarah yang hadir. Menyimpan dendam atau memiliki niat buruk melakukan hal jahat kepada orang lain hanya akan menyakiti diri kita sendiri. Orang lain yang tak menghargaimu mungkin punya sudut pandangnya sendiri, jadi tak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang buruk kepadanya.

 

 

5. Ingat Lagi Kehadiran Orang-Orang yang Kamu Cintai

Ingat lagi orang-orang yang masih membutuhkanmu dan masih mengharapkan yang terbaik dari hal-hal yang sudah atau sedang kamu lakukan. Tak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu dan energi untuk orang yang tak menghargai kita. Fokus saja melakukan hal-hal terbaik yang bisa diupayakan demi cinta dan kasih sayang yang masih ada dari orang-orang terdekat kita.

Semoga hati yang sedang terluka atau sakit saat ini bisa segera sembuh dan pulih, ya. Saatnya untuk tetap melangkah ke depan dengan menghadirkan senyuman baru.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading