5 Cara agar Dirimu Tidak Hancur saat Merasa Gagal

Endah Wijayanti24 Nov 2022, 09:45 WIB
Diperbarui 24 Nov 2022, 09:45 WIB
perempuan dan breaking makin bahagia

Fimela.com, Jakarta Kegagalan jelas sangat menyakitkan. Bahkan pengalaman gagal bisa membuat kita kehilangan arah dalam hidup. Tak hanya itu saja, sebuah kegagalan bisa membuat hidup kita rasanya hancur berantakan.

Agar tidak hancur saat merasa gagal, ada sejumlah hal sederhana yang bisa diupayakan. Melalui cara-cara ini kita bisa lebih bijak menyikapi kegagalan dan tidak terpuruk terlalu lama dalam rasa gagal. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk bisa kembali bangkit dan melangkah setelah gagal.

 

 

1. Terima Kegagalan yang Ada

perempuan dan breaking tak lemah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/farknotarchitect

Terima lebih dulu realitas yang ada. Terima kegagalan yang ada. Agar tidak hancur saat merasa gagal, kita perlu menyadari bahwa kegagalan itu bagian dari perjalanan hidup kita. Mengutip buku How to Respect Myself, umumnya masalah akan terpecahkan setelah mengetahui apa yang sebenarnya kita cemaskan. Menerima kegagalan akan memudahkan kita untuk mengetahui akar penyebab kecemasan yang kita rasakan. Sehingga, kita tak akan terlalu lama terpuruk dalam kesedihan atau putusa asa.

 

 

2. Izinkan Diri Bersedih Secukupnya

perempuan dan breaking masih sayang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Boleh bersedih dan menangis karena itu adalah hal yang wajar. Mengalami kegagalan memang tak menyenangkan. Izinkan diri untuk merasakan kesedihan yang ada. Agar dengan begitu, ada ruang yang lebih luas dan lapang di dalam diri untuk menyambut rasa bahagia yang baru.

 

 

3. Berhenti Membuat Dalih

perempuan dan breaking memaafkan ikhlas
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/mentatdgt

Tak perlu membuat dalih atau mencari kambing hitam atas kegagalan yang terjadi. Baik kegagalan dalam hal pendidikan, pekerjaan, hingga hubungan, mencari-cari dalih atau alasan soal bagaimana semestinya kegagalan itu tak terjadi hanya akan membuat kita makin tertekan. Daripada membuang waktu mencari-cari alasan, mending fokus untuk mengatur ulang langkah yang perlu diambil untuk berjalan ke depan.

 

 

4. Hadirkan Harapan Baru

perempuan dan breaking kuat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/HBRH

Rangkai harapan baru. Sebuah harapan sederhana yang dihadirkan bisa membuat hidup jadi terasa lebih bermakna. Bagai menyalakan sebuah lilin, menghadirkan harapan baru akan membuat perjalanan hidup yang dilalui terasa lebih terang. Kegagalan demi kegagalan mungkin masih akan kita hadapi dalam hidup. Agar tidak hancur, kita perlu senantiasa menghadirkan harapan baru di tiap langkah yang kita ambil.

 

 

5. Cari Bantuan yang Diperlukan

perempuan dan breaking dulu terpuruk
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/farknotarchitect

Kalau kamu merasa butuh dukungan atau semangat dari orang lain agar bisa bangkit, coba untuk mencari bantuan yang diperlukan. Jika merasa butuh bantuan profesional untuk membantu menstabilkan kondisi mental, izinkan diri untuk mencari bantuan dari psikolog atau psikiater. Ketika segalanya terasa sulit untuk diatasi dan ditangani sendiri, mencari bantuan merupakan pilihan bijak yang bisa diambil.

Semoga dari setiap kegagalan yang kamu alami, ada kebaikan yang bisa kamu dapatkan. Teruslah melangkah ke depan dengan senantiasa menyalakan lentera harapan baik dalam hidup.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela