Kenalan dengan Coco, Anjing Pelacak yang Turut Andil Menemukan Korban Gempa Cianjur

angela marici01 Des 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 01 Des 2022, 20:30 WIB
Coco

Fimela.com, Jakarta Gempa yang mengguncang Cianjur pada 21 November lalu memakan banyak korban jiwa, Badan SAR Nasional (Basarnas) masih melakukan proses evakuasi untuk menemukan para korban yang hilang. Tak hanya itu, Basarnas pun memperpanjang masa pencarian untuk menemukan para korban.

Dilansir dari liputan6.com dalam bencana gempa kali ini, tercatat sebanyak 3321 korban meninggal dunia. Berbagai upaya dilakukan untuk terus mencari para korban, salah satunya dengan mengerahkan anjing pelacak untuk mencari korban yang hilang atau tertimbun reruntuhan. 

Salah satu anjing pelacak yang membantu tim SAR untuk mencari korban gempa Cianjur adalah Coco, anjing ini berhasil membantu tim SAR menemukan 3 korban sehingga dirinya pun menjadi viral di media sosial. Ini bukan kali pertama, Coco diturunkan unruk membantu para tim SAR atau relawan. 

Coco merupakan anjing jenis labrator jantan milik anggota SAR Dog Jawa Tengah (Jateng). Dilansir dari liputan6.com berikut sederet fakta menarik mengenai anjing cerdas yang dicintai banyak orang ini.

 

 

Bantu Temukan 3 Korban Cianjur

Potret Coco
Potret Coco saat membantu proses pencarian korban gempa Cianjur. credit: Twitter.com/@WidyoLita.

Coco merupakan salah satu anjing yang dikerahkan untuk membantu tim SAR dalam proses evakuasi korban. Melalui bantuan Coco, Basarnas berhasil menemukan 3 korban gempa Cianjur yang hilang. Berkat bantuan Coco dan beberapa anjing pelacak lainnya sangat membantu tim Sar dan relawan dalam mencari para korban yang sulit untuk ditemukan.

Salah satu netizen di Twitter dengan nama akun @WidyoLita menjadi salah satu sosok dibalik terkenalnya anjing Coco melalui cuitan yang dibuatnya. Adapun isi cuitan dari akun tersebut berbunyi:

"Inget Coco?Di antara duka Cianjur, dpt info kalo Coco ikut terjun bantu relawan d sana. Anjing loyal itu sdh temukan 3 korban tertimbun. Dia digendong pasca bertugas utk efisiensi menempuh medan yg berlumpur.Smoga lbh byk lagi korban ktemu 🥺🙏Salut utk para relawan, jg Coco⚘." tulis akun Twitter @WidyoLita (26/11/2022).

Dalam cuitan tersebut juga terselip foro yang menunjukkan Coco sedang digendong oleh para relawan pasca bertugas mencari para korban yang hilang. Foto ini membuat para warganet menjadi tersebut, sehingga memberikan banyak ucapan semangat dan terima kasih kepada anjing pintar ini.

 

 

Sering Bantu Evakuasi

Potret Coco
Potret anjing pelacak pintar, Coco saat ditemui di Car Free Day (CFD) Simpang Lima, Semarang. credit: Twitter.com/@selinnurriskiii

Kehadiran Coco dalam membantu para tim SAR dan relawan bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya, Coco juga sering diterjunkan untuk membantu proses pencarian korban atau evakuasi pada suatu peristiwa. Selain membantu mencari korban gempa Cianjur, Coco juga pernah turut andil dalam musibah besar tropical cyclone Seroja tahun 2021.

Pemilik akun Twitter @WidyoLita menuliskan beberapa fakta menarik mengenai anjing pintar bernama Coco ini. Dalam cuitan tersebut diketahui bahwa Coco merupakan anjing jenis labrador jantan milik anggota SAR Dog Jateng yang telah terlatih. Selain itu, anjing ini tentu paham ketika dipanggil atau dikerahkan untuk melakukan sesuatu.

Keberhasilan dan kepintaran Coco tidak hanya didapatkan begitu saja, melainkan anjing ini telah dirawat dan dilatih dengan sangat baik sehingga tak heran jika anjing pintar ini berhasil membantu tim SAR dan para relawan.

Kepintaran yang dimiliki oleh Coco membuat banyak netizen salut, salah satunya pengguna akun media sosial Twitter dengan nama akun @kenyangbngetdeh menuturkan bahwa dirinya pernah bertemu Coco dalam sebuah Car Free Day (CFD) di Simpang Lima, Semarang. 

“Aku juga pernah nih, poto sama coco. Waktu itu coco dibawa ke cfd simpang lima. Kebetulan sar dog nya teman kuliahku hhhe.. hebat kamuu co, sehat terus.” tulis pemilik akun Twitter @kenyangbngetdeh.

Di sisi lain, pemilik akun @WidyoLita pun mengucapkan banyak terima kasih atas atensi dan apresiasi para netizen dalam mendukung anjing pelacak Coco. Melalui cuitan tersebut dirinya mengungkapkan bahwa Coco akan dirawat dengan sangat baik dan penuh kasih sayang.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela